Hasil Studi: Lionel Messi 2 Kali Lebih Hebat dari Cristiano Ronaldo

Bintang Barcelona, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo saat masih di Real Madrid (kanan).
Sumber :
  • Foottheball

VIVA – Membandingkan Lionel Messi dengan Cristiano Ronaldo selalu jadi menarik dalam 15 tahun terakhir. Kedua pemain dibahas dari berbagai sisi, mulai dari gol, assist, hingga pencapaian trofi.

Jude Bellingham Bakal Jadi Legenda Real Madrid

Penghargaan individu juga selalu dibandingkan. Dalam 11 Ballon d'Or terakhir, Messi mendapatkannya sebanyak enam kali, dan Ronaldo lima kali.

(Baca juga: Lionel Messi Sama Gilanya dengan Michael Jordan)

Bicara Kekalahan dari Madrid, Bek Barcelona Silang Pendapat dengan Xavi

Begitu juga dalam 10 sepatu emas. Messi masih unggul dengan koleksi enam, sedangkan Ronaldo baru mendapatkannya sebanyak empat kali.

Tapi, kini muncul lagi perbandingan menarik dari keduanya dari sisi studi sains. SciSports yang bekerj sama dengan Universidad Catolica Leuven, Belgia menyebut Messi dua kali lebih baik dari Ronaldo.

Zinedine Zidane Pilih Manchester United Ketimbang Bayern Munich

Mereka melakukan penelitian dengan berdasar kepada setiap aksi individu, tembakan ke gawang, operan, dribel, dan tekel. Penelitian pun diambil dalam kurun waktu 2013 hingga 2018, ketika Ronaldo dan Messi sama-sama bermain di LaLiga.

"Model penelitian kami dengan melihat setiap tembakan, operan, dribel, tekel, dan dihitung nilainya," ujar Profesor Jesse Davis, dikutip dari Marca.

(Baca juga: Dikasari Giggs Gara-gara Minuman Soda, Ronaldo Balas dengan Hattrick)

Hasilnya pun mengagetkan. Karena Messi mendapatkan rata-rata poin 1,21. Sedangkan Ronaldo cuma setengahnya, yakni 0,61.

Padalah dalam kurun waktu 2013 hingga 2018, Ronaldo melewati masa kejayaan bersama Madrid. Mereka empat kali menang Liga Champions, dan pemain berjuluk CR7 itu dianugerahi Ballon d'Or empat kali.

Tapi, yang kemudian ditunjukkan dalam penelitian tersebut, Messi memiliki dampak yang lebih baik dalam setiap pertandingan Barcelona. Sedangkan Ronaldo untuk Madrid tidak terlalu signifikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya