7 Fakta Menarik Kemenangan MU di Kandang Partizan Belgrade

Striker Manchester United, Anthony Martial, jebol gawang Partizan Belgrade
Sumber :
  • Twitter/@SkySports

VIVA – Manchester United akhirnya kembali memetik kemenangan pada lanjutan Grup L Liga Europa, Jumat dini hari WIB, 25 Oktober 2019. Kemenangan ini terasa spesial lantaran diraih di kandang lawan.

Liverpool Tersingkir dari Liga Europa Saat Bayer Leverkusen Melaju ke Semifinal

Anthony Martial jadi penyelamat Setan Merah di laga ini. Gol tunggalnya dari titik penalti pada menit 43 memastikan pasukan Ole Gunnar Solskjaer pulang dengan tiga poin.

Kendati menjadi pihak yang memenangkan pertandingan, sejatinya penampilan MU tak terlalu spesial. Setan Merah hanya unggul dalam penguasaan bola dengan catatan 60 persen. Namun, mereka justru kalah dalam hal membuat peluang.

5 Fakta Menarik Atalanta Usai Pulangkan Liverpool di Liga Europa

Di laga ini, tuan rumah lebih aktif dengan melepaskan 15 tembakan. Tapi, hanya dua yang mengarah ke gawang.

Meski begitu, setidaknya Partizan terlihat lebih ngotot dalam laga ini ketimbang MU yang hanya mencatatkan lima tembakan sepanjang laga dengan hanya satu yang mengarah ke gawang. Beruntung, Harry Maguire cs bisa pulang dengan kemenangan.

5 Fakta Menarik AS Roma Usai Singkirkan AC Milan di Liga Europa

Masih ada fakta menarik lainnya yang muncul usai duel ini. Berikut fakta-fakta menarik duel MU versus Partizan yang dikutip dari BBC:

1. MU sukses memenangi laga tandang untuk pertama kalinya sejak Maret 2019 silam tepatnya ketika mengalahkan Paris Saint-Germain di kandangnya dengan skor 3-1. Hasil ini mengakhiri 11 laga tandang tanpa kemenangan di semua kompetisi.

2. Gol Martial mengakhiri 392 menit yang telah dijalani MU pada laga tandang tanpa menghasilkan gol di semua kompetisi. Ini gol tandang pertama sejak Agustus 2019.

3. Gol ini membuat Martial terlibat langsung dalam empat gol dari lima laga terakhirnya bersama MU di semua kompetisi (tiga gol dan satu assists).

4. MU terus menjaga rekor tak terkalahkan dalam 14 laga terakhirnya di Liga Europa dan mencetak 10 clean sheet dalam rangkaian laga tersebut. Kali terakhir mereka kalah ketika bersua Fenerbahce pada November 2016.

5. MU jadi tim pertama yang mengalahkan Partizan di laga tandang pada kompetisi Eropa sejak Dynamo Kiev pada September 2017. Ketika itu, Partizan kalah 2-3. Kemenangan Setan Merah di laga ini sekaligus mengakhiri rekor 11 laga kandang tak terkalahkan yang dicatatkan klub asal Serbia itu di kompetisi Eropa.

6. Sejak Solskjaer menangani MU pada Desember 2018, Setan Merah sukses mendapatkan 14 kali penalti dan mengonversi 11 di antaranya menjadi gol di semua kompetisi. Jumlah ini jadi yang terbanyak di antara klub Premier League lainnya.

7. Brandon Williams jadi pemain termuda yang memenangkan penalti untuk MU setelah Adnan Januzaj. Saat ini, Williams berusia 19 tahun dan 51 hari. Sementara Januzaj kala itu berusia 18 tahun dan 266 hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya