Lolos ke Piala Eropa, Finlandia Akhiri Penantian 82 Tahun

Para pemain Timnas Finlandia merayakan gol Teemu Pukki (tengah)
Sumber :
  • Uefa.com

VIVA – Sejarah baru Piala Eropa akhirnya terukir pascakeberhasilan Finlandia lolos ke putaran final turnamen internasional paling prestisius Benua Biru. Ya, untuk pertama kalinya negara Nordik ini mampu menembus turnamen kompetitif pertama dalam 82 tahun.

Timnas Georgia Bikin Sejarah, Ini 3 Tim Terakhir Lolos ke EURO 2024

Pasukan Markku Kanerva memastikan satu tiket ke putaran Piala Eropa 2020, setelah memetik kemenangan telak atas Liechtenstein. Berlaga di Telia 5G -areena, Helsinski, dalam matchday 9 Grup J kualifikasi Piala Eropa 2020, armada The Eagle-owls menggasak Liechtenstein 3-0, Sabtu 16 November 2019 dini hari WIB.

Tiga gol kemenangan Finlandia dicetak masing-masing oleh Jasse Tuominen menit 21, dan catatan brace Teemu Pukki menit 64 dan 75. 

Ada yang Menelepon, Toni Kroos Kembali Main di Timnas Jerman

Poin penuh yang diraih dalam laga ini, memastikan mengokohkan Finlandia di urutan kedua klasemen Grup J, dengan catatan 18 poin. Catatan ini terpaut sembilan poin dari Italia yang sudah dipastikan bakal mengunci posisi juara grup.

Finlandia juga dipastikan takkan tergeser dari posisi kedua, meski masih akan melakoni satu laga terakhir kontra Bosnia-Herzegovina.

Divonis Meninggal, Sven-Goran Eriksson Ungkap Permintaan Terakhir ke Timnas Inggris

Menurut data Uefa.com, keberhasilan Finlandia lolos ke putaran final Piala Eropa 2020 adalah yang pertama kali bagi negara Skandinavia itu. Sebab, sejak pertama kali mengikuti kualifikasi Piala Eropa pada 1937 dan kualifikasi Piala Dunia pada 1938, Finlandia tak pernah berhasil lolos ke putaran final.

Kapten Finlandia, Tim Sparv, jadi salah satu pemain yang larut dalam kegembiraan. Gelandang berusia 32 tahun ini sebelumnya pernah membawa Finlandia U-21 lolos ke Piala 2009, dengan status juga sebagai kapten tim. Baginya, momen kesuksesan Finlandia lolos ke Piala Eropa 2020, jadi yang terhebat dalam hidupnya.

"Itu pasti akan menjadi hal terbesar yang terjadi dalam hidup saya di semua kategori (level timnas). Ini jadi bagian terbesar dari hidup saya selama 17 tahun terakhir. Saya sudah menjadi kapten Tim Nasional muda (U-21) hingga Tim Nasional senior. Dan, ini merupakan pengalaman yang sangat gila. Tetapi, saya menikmati tanggung jawab itu," ujar Sparv dikutip Squawka.

"Mewakili negara saya selalu menjadi impian saya. Dan, saya merasa sangat bangga dan terberkati untuk memiliki kesempatan ini," katanya.

Finlandia jadi salah satu dari 12 tim yang memastikan diri lolos ke putaran final Piala Eropa 2020. 11 tim lain yang akan menjejakkan kakinya di turnamen tahun depan adalah Belgia, Italia, Rusia, Polandia, Ukraina, Turki, Prancis, Inggris, Republik Ceko, dan Swedia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya