5 Eks Bintang Eropa yang Tampil di Liga China, Ada Fellaini dan Hamsik

Gelandang Shandong Luneng, Marouane Fellaini.
Sumber :
  • instagram.com/fellaini

VIVA – Setelah sempat tertunda karena virus corona, Liga Super China (CSL) 2020 kembali bergulir. Laga pembuka mempertemukan juara bertahan Guangzhou Evergrande kontra Shanghai Shenhua di Dalian Sports Center, Sabtu 25 Juli 2020.

Zlatan Ibrahimovic: Pemain Bintang ke Arab Saudi Hanya Cari Uang

Ada perubahan format kompetisi musim ini karena terdampak pandemi. Jika sebelumnya CSL memakai format satu wilayah, kali ini dua wilayah. 16 tim dibagi dalam dua grup. Grup A bermain di Dalian, sedangkan Grup B di Suzhou.

(Baca juga: Liga Super China Dimulai, Dibuka Laga Tim Besutan Fabio Cannavaro)

Fakta Gila Liga Super China Jajah Eropa, LaLiga Paling Favorit

Yang menarik, CSL musim ini diramaikan oleh pemain yang dulunya merumput di liga-liga Eropa. Sebut saja Marek Hamsik, Paulinho, Joao Miranda, Hulk, dan Marko Arnautovic.

Berikut lima eks bintang Eropa yang kini merumput di CSL dilansir berbagai sumber:

Dilema Mantan Gelandang Chelsea, Pilih Liga China atau Arsenal

1. Marouane Fellaini (Shandong Luneng)
Fellaini sempat merumput di Eropa bersama Standard Liege, Everton dan Manchester United. Bersama MU, pemain asal Belgia ini merasakan gelar Piala FA, Piala Liga, Community Shield dan Liga Europa.

Sejak 2019 lalu, Fellaini hijrah ke Shandong Luneng. Di musim perdananya, dia mencetak 13 gol dari 34 pertandingan.

Fellaini langsung tancap gas di laga perdana CSL musim ini. Pemain 32 tahun ini menorehkan hattrick saat Shandong Luneng menekuk Dalian Pro 3-2 di Dalian Pro Socccer Academy, 26 Juli 2020.

2. Paulinho (Guangzhou Evergrande)
Paulinho sempat memperkuat Guangzhou pada 2015 hingga 2016, usai hengkang dari Tottenham Hotspur. Setelah itu, pemain asal Brasil ini memperkuat Barcelona di musim 2017/18.

Pada 2018, Paulinho memutuskan kembali ke Guangzhou Evergrande. Dia sukses membawa Guangzhou merebut tiga gelar CSL, satu Piala FA China, dua Piala Super China dan satu Liga Champions Asia.

Paulinho memulai musim ini dengan baik. Dia menyumbangkan satu assist saat Guangzhou menekuk Shanghai Shenhua 2-0, 25 Juli 2020.

3. Eder Citadin Martins (Juangsu Suning)
Eder banyak menghabiskan karier di klub-klub Italia, baik di Serie A maupun Serie B. Pemain internasional Italia ini tercatat sebagai pemain Empoli, Frosinone, Empoli, Brescia, Cesena, Sampdoria dan Inter Milan.

Sejak 2018, Eder memilih hijrah ke China dengan memperkuat Jiangsu Suning. Dia mengawali musim ini dengan baik, dengan menyumbangkan satu gol lewat titik penalti saat Suning menekuk Henan Jianye 4-3, 26 Juli 2020.

4. Mousa Dembele (Guangzhou R&F)
Dembele malang melintang di klub-klub Eropa dari mulai Germinal Beerschot, Willem II, AZ Alkmaar, Fulham dan Tottenham Hotspur. Dembele memperkuat Spurs selama tujuh musim pada 2012 hingga 2019 dengan 10 gol dari 250 penampilan.

Sejak 2019, Dembele memutuskan hijrah ke Guangzhou R&F. Sayang di laga perdana musim ini, Guangzhou R&F dihajar Shenzhen 0-3.

5. Marek Hamsik (Dalian Pro)
Hamsik membela Napoli selama 12 musim pada 2007 hingga 2019. Pemain internasional Slovakia ini sempat menjadi pencetak gol terbanyak Napoli sepanjang masa dengan 121 gol, sebelum disusul Dries Mertens yang mencetak 125 gol.

Sejak 2019, Hamsik hijrah ke China dengan membela Dalian Pro. Di laga perdana musim ini, tim besutan Rafael Benitez kalah 2-3 dari Shandong Luneng.

Baca juga:

Jarang Diumbar ke Publik, Ini Sosok Cantik Istri Berhijab Salah

Kisah Keajaiban Semusim Michu Bersama Swansea City

Gila Bener, 2 Pegulat Ini Berhubungan Seks di Atas Ring

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya