Manuel Neuer Akhirnya Absen di Liga Champions

Kiper Bayern Munich, Manuel Neuer
Sumber :
  • /twitter.com/FCBayern

VIVA – Kiper andalan Bayern Munich, Manuel Neuer, dipastikan akan absen saat timnya menghadapi Atletico Madrid dalam matchday kelima Grup A Liga Champions 2020/2021, di Wanda Metropolitano, Rabu 2 Desember 2020, dini hari WIB. Sebelumnya, selalu menjadi starter dalam 23 laga beruntun Bayern Munich di Liga Champions.

Zinedine Zidane Pilih Manchester United Ketimbang Bayern Munich

Terakhir kali Neuer absen membela FC Hollywood di Liga Champions terjadi pada musim 2017/2018. Ketika itu, ia mengalami cedera yang membuatnya harus absen.

Begitu pulih dari cedera, Neuer kembali menjadi pilihan nomor satu di bawah mistar gawang Die Roten dan selalu pada semua pertandingan Liga Champions yang dijalani Bayern Munich. Ia pun turut berkontribusi terhadap rekor 15 kemenangan beruntun yang diraih Bayern Munich di Liga Champions.

Mikel Arteta Menolak Panik, Yakin Arsenal Bakal Bangkit

Kini, setelah lebih dari 2 tahun, Neuer akhirnya absen lagi. Namun, untuk saat ini, ia tidak cedera, tapi sengaja diistirahatkan oleh pelatih Bayern Munich, Hansi Flick.

Bukan cuma Neuer saja yang tidak di bawah Flick ke markas Atletico Madrid, striker ganas Robert Lewandowski, serta dua gelandang tengah mereka Leon Goretzka dan Corentin Tolisso juga diberi istirahat oleh sang pelatih.

Liverpool Tersingkir dari Liga Europa Saat Bayer Leverkusen Melaju ke Semifinal

"Lewandowski, Neuer, Goretzka, dan Tolisso akan tetapi di sini (Munich). Mereka akan beristirahat. Selain mereka, semua pemain akan berada di skuad," kata Flick, seperti dikutip Sportbuzzer, Selasa 1 Desember 2020.

Memang, keputusan Flick untuk mengistirahatkan Neuer, Lewandowski, Goretzka, dan Tolisso karena mempertimbang dua hal. Pertama, Bayern akan menjalani laga besar melawan RB Leipzig dalam lanjutan Bundesliga, akhir pekan nanti.

Kedua, Die Roten sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Apa pun hasil yang mereka dapatkan di dua laga terakhir, Bayern Munich tetap akan menjadi juara Grup A.

Langkah Flick tersebut disambut baik oleh Neuer. Bukannya marah atau kesal, kapten Timnas Jerman itu justru bersyukur. Sebab, sejak Bundesliga dan Liga Champions dimulai lagi setelah lockdown, Neuer nyaris tak memiliki waktu untuk istirahat.

"Tentu saja saya akan menonton pertandingan itu. Bagi saya, penting untuk beristirahat sesekali, terutama dengan jadwal yang sangat oada pada beberapa pekan dan bulan belakangan ini," ujar Neuer.

Absennya Neuer juga menjadi ujian tersendiri bagi Flick dan Bayern Munich. Pasalnya, dalam beberapa laga terakhir, kegemilangan Neuer di bawah mistar mampu menjadi penentu kemenangan Bayern Munich.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya