Mengenang Gol Gila Zlatan Ibrahimovic Bersama Timnas Swedia

Zlatan Ibrahimovic saat melepaskan tendangan ke gawang Inggris
Sumber :
  • The Sun

VIVA – Timnas Swedia akan menghadapi Timnas Georgia dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup B, Jumat dini hari WIB, 26 Maret 2021. Duel di Friends Arena, Solna ini bakal terasa emosional untuk Zlatan Ibrahimovic.

Pemain Jagoan Inggris Persenjatai Diri Rumahnya dengan Perlengkapan 'Kelas Militer' Selama EURO 2024

Ini menjadi laga perdana Ibra bersama Swedia sejak lima tahun silam. Sebelumnya, bomber AC Milan ini memutuskan pensiun dari pentas internasional pada Juni 2016.

Ibra memang belum pernah mempersembahkan gelar untuk Swedia. Namun, catatan 62 gol dari 116 pertandingan menjadikannya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Swedia.

Pengakuan Jay Idzes soal Lemparan Maut Pratama Arhan

Salah satu gol terbaiknya hadir pada 15 November 2012. Saat itu, dia mencetak gol gila yang membuat orang berdecak kagum.

Ibra memborong empat gol saat Swedia menggasak Timnas Inggris 4-2 dalam laga persahabatan di Rasunda Stadium, Solna. Proses terjadinya gol keempat sangat fenomenal.

Masih Ingat 34 Pemain Pertama Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia, Ada M Tahir hingga Andritany

Diawali dari sebuah umpan panjang bek Swedia ke depan kotak penalti Inggris. Kiper Inggris, Joe Hart kemudian memutuskan maju ke luar kotak penalti dan menghalaunya dengan sundulan.

Namun, sial bagi Hart, bola jatuh tak jauh dari Ibra. Melihat gawang Inggris sudah kosong, Ibra langsung melakukan tendangan voli salto akrobatik dari jarak sekitar 28 meter. Bola pun melambung tinggi sampai akhirnya masuk ke gawang The Three Lions.

Selanjutnya sepanjang sepekan, publik terus memperbicangkan gol "gila" tersebut. Media-media Eropa bahkan membanding-bandingkan gol Ibra dengan gol solo run Diego Maradona ke gawang Inggris di Piala Dunia 1986 serta gol tendangan voli Marco van Basten di final Piala Eropa 1988.

Beberapa media Eropa bahkan menobatkan gol striker Paris Saint-Germain itu sebagai "Gol Abad Ini", seperti yang ditulis headline media ternama Inggris, Daily Telegraph. Sementara Daily Mail menulis: "Menyakitkan, akrobatik dan sentuhan dari seorang jenius... Zlatan mencetak gol terbaik yang pernah ada."

Gol ini akhirnya meraih penghargaan Puskas Award 2013. Ibra mengalahkan dua pesaingnya, Nemanja Matic dan Neymar.

"Ketika saya melihat kiper keluar dari gawangnya, saya mencoba menembakkan bola ke gawang. Beruntungnya, itu masuk. Ini terjadi karena keberuntungan dan skill," kata Ibra terkait golnya dilansir Sports Illustrated.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya