Pertandingan Kualifikasi Piala Afrika Kacau Gara-gara Wasit Pingsan

Wasit pingsan
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Kekacauan terjadi di pertandingan terakhir kualifikasi Piala Afrika 2022. Laga antara Timnas Pantai Gading melawan Etiopia sempat dihentikan memasuki menit 80.

Juara Piala Afrika, Kisah Pantai Gading Mirip Timnas Portugal di EURO 2016

Penyebabnya, Charles Bulu yang bertindak sebagai wasit rubuh di tengah lapangan. Dia pun kemudian harus dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Laporan Daily Mail, Bulu sempat berjalan dipapah oleh pemain yang melihat kondisi sang pengadil kurang baik. Namun sebelum mencapai pinggir lapangan dia sudah terjatuh tak sadarkan diri.

Bekap Nigeria, Timnas Pantai Gading Juara Piala Afrika 2023

Bulu lalu mendapat pertolongan dari tim medis dan dibawa dengan tandu. Dia kemudian dilarikan ke rumah sekit setempat untuk ditangani lebih lanjut.

Diketahui dalam laga ini Bulu adalah wasit pengganti. Dia ditunjuk setelah wasit sebelumnya dinyatakan positif COVID-19 dalam tes sebelum laga.

Jadwal Final Piala Afrika 2023, Timnas Pantai Gading Ditantang Nigeria

Pertandingan yang tertunda pun hendak dilanjutkan. Tapi masalah lain muncul. Wasit keempat tidak bisa bertugas karena dia berasal dari Pantai Gading. Untungnya setelah dilakukan diskusi antara pihak terkait, ditemukan solusi menunjuk hakim garis asal Kenya, Gilbert Cheruiyot, untuk memimpin laga sampai selesai.

Pertandingan dituntaskan dengan kemenangan 3-1 buat Pantai Gading. Meski demikian, kedua tim tetap memastikan diri lolos ke Piala Afrika karena finis pertama dan kedua di klasemen Grup K.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya