Profil Timnas Spanyol di EURO 2020, Matador Muda Coba Taklukkan Eropa

Pemain Timnas Spanyol merayakan gol
Sumber :
  • twitter.com/worldsoccertalk

VIVA – Timnas Spanyol menjadi salah satu kontestan EURO 2020. La Ruria Roja tergabung di Grup E bersama Swedia, Polandia, dan Slovakia.

Timnas Indonesia Kebanyakan Naturalisasi? Italia Juga Juara EURO 2020 Berkat Naturalisasi

Spanyol akan langsung menghadapi lawan tangguh Timnas Swedia pada laga perdananya di Grup E, Selasa 15 Juni 2021 dini hari WIB.

Persaingan di grup ini terbilang cukup ketat bagi Tim Matador. Pasalnya, Swedia dan Polandia bisa menjadi batu sandungan menuju fase knockout.

Hasil Lengkap: Timnas Portugal Keok dengan Ronaldo, Hujan 6 Gol Spanyol Vs Brasil

Kendati demikian, Spanyol tetaplah Spanyol yang dihuni pemain berkualitas dan telah dua kali menjuarai EURO. Fakta tersebut menunjukkan La Furia Roja bukanlah tim kaleng-kaleng meski kini tampil dengan banyak perubahan di EURO 2020.

Lantas, seperti apa profil Timnas Spanyol?

Hasil Drawing EURO 2024, Ini Dia Grup-grupnya

Spanyol melaju ke putaran final EURO 2020 dengan status pemuncak Grup F di babak kualifikasi. Mereka tampil luar biasa dengan mengumpulkan delapan kemenangan dan dua hasil imbang tanpa sekali pun menderita kekalahan.

Catatan golnya pun sangat impresif dengan melesakkan 31 gol dan hanya lima kali kebobolan. Menunjukkan Spanyol sangat serius menatap turnamen ini.

Semua ini tak lepas dari tangan dingin Luis Enrique yang mempersiapkan tim dengan matang. Dia juga melakukan gebrakan dengan mengandalkan banyak pemain muda yang namanya terbilang baru di timnas senior.

Pedri, Mikel Oyarzabal, Dani Olmo, dan Ferran Torres adalah beberapa di antaranya. Seluruhnya masih berusia di bawah 25 tahun.

Bisa dibilang, ini menjadi wajah baru Tim Matador. Tim yang sebelumnya mendominasi dengan juara EURO secara back to back pada 2008 dan 2012 sudah hampir hilang seluruhnya.

Hanya tersisa Sergio Busquets dan Jordi Alba skuad terkini yang pernah merasakan gelar juara pada 2012 silam. Bahkan, untuk pertama kalinya tak ada satu pun pemain Real Madrid dalam skuad Tim Matador.

Sergio Ramos batal disertakan karena masih menjalani masa pemulihan akibat cedera. Tapi, meski menggunakan pemain muda, kekuatan Spanyol tetaplah dahsyat dan lebih merata di semua lini.

Tengok saja skuad saat ini yang dihuni sederet nama top di setiap posisi. Mulai dari Alvaro Morata, Gerard Moreno, Thiago Alcantara, Marcos Llorente, Aymeric Laporte, dan David de Gea.

Tentunya, para pemain tersebut mampu menumbuhkan optimisme bagi Tim Matador untuk mengulang sejarah manis yang terakhir diraihnya sembilan tahun silam. Di bawah asuhan Enrique, Spanyol bakal menyajikan performa menawan di lapangan dan memiliki modal kuat untuk kembali lagi menjadi Raja Eropa.

Menyoal duel perdana kontra Swedia, Spanyol diprediksi mampu merebut kemenangan. Sebab, pada lima pertemuan sebelumnya, Spanyol mampu merebut tiga kemenangan, satu hasil imbang, dan satu kekalahan. Di mana salah satu kemenangan hadir saat babak kualifikasi di mana mereka sama-sama tergabung di Grup F.

Berikut daftar pemain Timnas Spanyol di EURO 2020:

Kiper: David de Gea (Manchester United), Robert Sanchez (Brighton and Hove Albion), Unai Simon (Athletic Bilbao)

Bek: Cesar Azpilicueta (Chelsea), Diego Llorente (Leeds United), Pau Torres (Villarreal), Eric Garcia (Barcelona), Jose Gaya (Valencia), Jordi Alba (Barcelona), Aymeric Laporte (Manchester City)

Gelandang: Sergio Busquets (Barcelona), Marcos Llorente (Atletico Madrid), Koke (Atletico Madrid), Thiago Alcantara (Liverpool), Ferran Torres (Manchester City), Rodri Hernandez (Manchester City), Fabian Ruiz (Napoli), Dani Olmo (RB Leipzig), Adama Traore (Wolves), Pablo Sarabia (Paris Saint-Germain)

Penyerang: Mikel Oyarzabal (Real Sociedad), Gerard Moreno (Villarreal), Alvaro Morata (Juventus), Pedri (Barcelona)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya