Pelatih Timnas Portugal Klaim Sudah Temukan Kelemahan Belgia

Pelatih Timnas Portugal, Fernando Santos.
Sumber :
  • Marca

VIVA – Pelatih Timnas Portugal, Fernando Santos, mengklaim, bahwa dirinya sudah menemukan kelemahan Belgia di EURO 2020. Portugal dan Belgia akan saling berhadapan di pertandingan babak 16 besar, Senin dini hari WIB, 28 Juni 2021 di Estadio de la Cartuja, Spanyol.

Cek Fakta: Timnas Indonesia vs Portugal Pada September 2024

Belgia telah memenangkan tiga prtandingan di penyisihan EURO 2020 sebagai bekal untuk menghadapi juara bertahan Portugal di babak 16 besar. 

Santos pun memberikan pujian kepada skuad asuhan Roberto Martinez itu selama di babak penyisihan grup. Namun, Santos melihat, negara peringkat satu FIFA itu sempat mengalami kesulitan saat meraih kemenangan kontra Denmark, karena mereka hanya mencatatkan enam kali percobaan ke gawang lawan.

Timnas Indonesia Kebanyakan Naturalisasi? Italia Juga Juara EURO 2020 Berkat Naturalisasi

"Saya tidak akan membahas kelemahan mereka (Belgia) saat ini karena saya tidak ingin mereka mengetahui apa yang saya pikirkan," kata Santos, seperti dikutip USA Today, Minggu 27 Juni 2021.

"Tapi, ada sesuatu yang bisa kami jelajahi, karena saat pertandingan melawan Denmark, mereka menunjukkan beberapa kelemahan," ujarnya.

Terpopuler: Philippe Troussier Mualaf, Timnas Portugal Keok dengan Cristiano Ronaldo

Di EURO 2020, The Red Devils berhasil meraih kemenangan 3-0 atas Rusia pada laga pembuka. Kemudian, mereka mengalahkan Finlandia 2-0 setelah menekuk Demnark 2-1.

Sementara itu, Portugal lolos ke babak 16 besar EURO 2020 setelah mencatatkan satu kemenangan, satu hasil imbang, dam satu kekalahan. Hasil itu membawa mereka menjadi peringkat tiga terbaik dari Grup F.

"Belgia memiliki banyak kekuatan, terutama karena mereka telah mengenal satu sama lain karena telah bersama dalam waktu lama," ucap Santos.

"Semuanya mengalir dengan alami, mereka telah mengetahui di mana posisi masing-masing pemain tanpa harus memikirkannya," tuturnya.

Santos juga menambahkan, kemampuan Belgia untuk menggunakan berbagai formasi akan menjadi tantangan tersendiri bagi Portugal.

"Mereka bisa bermain dengan formasi 3-4-3 atau lima pemain di lini serang atau 3-4-1-2. Mereka adalah sebuah tim yang senang kemampuan terbaiknya saat bermain," ungkap pelatih berusia 66 tahun tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya