Fakta Mengerikan Chelsea Usai Juara Piala Super Eropa

Chelsea juara Piala Super Eropa
Sumber :
  • twitter.com/OptaJoe

VIVA – Chelsea keluar sebagai juara Piala Super Eropa setelah mengalahkan Villarreal di Windsor Park, Belfast, Irlandia Utara, Kamis dini hari WIB, 12 Agustus 2021.

Leandro Trossard Menyela Ben White dengan Tegas, Akhiri Perdebatan Tentang Bintang Arsenal

Chelsea yang berstatus sebagai juara Liga Champions menumbangkan sang juara Liga Europa 6-5 lewat babak adu penalti, usai bermain imbang 1-1 hingga 2x15 menit babak tambahan.

Chelsea sejatinya unggul lebih dulu pada menit 27. Hakim Ziyech membobol gawang Villarreal yang dikawal Sergio Asenjo. Gol ini lahir lewat kerja sama yang apik.

Pengakuan Pochettino Usai Chelsea Dibantai Arsenal

Umpan silang Kai Havertz dari sisi kiri diterima Ziyech. Ziyech yang tak terkawal di kotak penalti langsung menembak dengan kaki kiri, Skor 1-0 untuk Chelsea bertahan hingga turun minum.

Alur permainan sedikit berubah di babak kedua. Villarreal mulai berani menyerang. Ini memaksa The Blues bekerja keras menahan serangan lawan.

5 Fakta Menarik Arsenal Usai Pesta Gol ke Gawang Chelsea di Premier League

Upaya Villarreal berbuah hasil di menit 73. Gerard Moreno membawa The Yellow Submarine menyamakan kedudukan setelah menerima umpan dari Boulaye Dia.

Skor imbang 1-1 bertahan hingga waktu normal berakhir. Duel dilanjutkan dengan babak tambahan. Di babak tambahan, Chelsea dan Villarreal bermain dengan hati-hati. Hingga akhirnya tak ada gol yang tercipta dan pemenang ditentukan dengan adu penalti.

Jelang adu penalti, manajer Chelsea Thomas Tuchel mengganti Edouard Mendy dengan Kepa Arrizabalaga. 

Sepertinya, Kepa memang disiapkan untuk adu penalti. Buktinya, dia menjadi pahlawan dengan menggagalkan dua penalti Villarreal.

Dua penalti yang digagalkan Kepa adalah tendangan Aissa Mandi dan Raul Albiol. Chelsea menang 6-5 lewat adu penalti usai tendangan Albiol ditahan Kepa. Chelsea pun membuka musim ini dengan cemerlang.

Sejumlah fakta tercipta sering keberhasilan Chelsea menjuarai Piala Super Eropa. Seperti apa lengkapnya? Berikut rangkumannya dilansir Opta:

1. Chelsea memenangkan Piala Super Eropa untuk kedua kalinya (di final kelima mereka), setelah kemenangan 1-0 mereka atas Real Madrid pada tahun 1998. 

2. Klub yang menjadi juara Liga Champions telah memenangkan Piala Super Eropa dalam delapan dari sembilan musim terakhir,

3. Untuk tahun ketiga berturut-turut, Piala Super Eropa dimenangkan oleh tim yang ditangani pelatih Jerman; Jürgen Klopp bersama Liverpool pada 2019, Hansi Flick bersama FC Bayern pada 2020 dan Thomas Tuchel bersama Chelsea pada 2021.

4. Manajer Chelsea, Thomas Tuchel tidak pernah kalah melawan tim Spanyol dalam karir manajerialnya, menang empat kali dan seri lima kali dari sembilan pertandingannya.

5. Hanya tiga dari 47 final Piala Super Eropa yang berakhir dengan adu penalti, dengan Chelsea terlibat dalam ketiganya. Menang lawan Villarreal, dan dua kali kalah melawan Bayern Munich pada 2013 serta Liverpool pada 2019.

6. Kemenangan ini memperbaiki rekor laga adu penalti Chelsea. Sebelumnya, The Blues sebelumnya kalah tiga kali dari empat adu penalti terakhir mereka di semua kompetisi, termasuk kekalahan 4-5 dari Liverpool di final Piala Super Eropa 2019

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya