Ironi Timnas Italia, Juara Eropa Terancam Gagal ke Piala Dunia

Pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini
Sumber :
  • uefa.com

VIVA – Timnas Italia harus menerima nasib buruk gagal lolos langsung ke Piala Dunia 2022. Mereka hanya mampu finis kedua di klasemen Grup C dalam babak kualifikasi.

Pengakuan Jay Idzes soal Lemparan Maut Pratama Arhan

Menjalani partai terakhir fase tersebut, Italia bermain imbang 0-0 dengan Irlandia Utara. Sementara di pertandingan lain Swiss sebagai rival di papan atas klasemen, berhasil menang telak 4-0 atas Bulgaria.

Harapan Italia ikut serta dalam perhelatan di Qatar tahun depan memang belum punah. Mereka masih bisa mendapatkan tiket lewat jalur play off.

Masih Ingat 34 Pemain Pertama Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia, Ada M Tahir hingga Andritany

Hanya saja pertarungan di fase tersebut juga bakalan keras. Ada 12 tim yang akan bersaing memperebutkan tiga jatah lolos ke Piala Dunia nanti.

"Saya sangat kecewa," kata pelatih Robero Mancini, dikutip Football Italia.

Shayne Pattynama Beri Kabar Baik untuk Timnas Indonesia

Timnas Italia merayakan gol

Photo :
  • twitter.com/Azzurri

"Kami harus kalem menghadapi play off pada Maret nanti. Kondisinya akan berbeda, itu akan menjadi laga sistem gugur akan lebih besar peluang untuk bermain dan menang," katanya lagi.

Penyesalan Italia

Situasi yang dihadapi Italia ini terasa miris. Sebab beberapa bulan lalu mereka baru saja mendapat sanjungan setinggi langit, usai sukses merebut tampuk juara Eropa.

Gli Azzurri kala itu berhasil keluar sebagai juara Euro 2020. Mereka juga tampil luar biasa dengan membuat rekor baru di kancah internasional, tidak kalah dalam 37 laga beruntun.

Tapi sekarang Italia terancam kembali gagal bermain di Piala Dunia seperti 2018 silam. Dan Mancini menyesalkan timnya yang membuang kesempatan menyegel tempat di ajang besar itu dari awal.

"Ini menyedihkan, sebab seharusnya kami mengunci status juara grup jauh hari sebelum ini. Kami sekarang harus menata lagi karakter," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya