Gol Tunggal Bukayo Saka Perbesar Peluang Arsenal ke 16 Besar Liga Europa

Pemain Arsenal, Bukayo Saka rayakan gol.
Sumber :
  • AP Photo/Rui Vieira

VIVA Bola – Arsenal memperbesar peluang melaju ke babak 16 besar Liga Europa setelah menumbangkan Bodo/Glimt dalam duel di Aspmyra Stadium, Norwegia, Jumat dini hari WIB, 14 Oktober 2022. Gol tunggal Bukayo Saka memastikan poin penuh bagi The Gunners.

Erling Haaland Ganas, Man City Depak Arsenal di Puncak Usai Bekuk Tottenham

Menurunkan skuad terbaiknya, pasukan Mikel Arteta langsung tampil agresif dan mendapatkan peluang di menit kedua melalui Eddie Nketiah. Namun, berhasil dipatahkan bek Marius Hoibraten.

The Gunners terus mendominasi jalannya permainan namun belum bisa mencatatkan peluang bersih untuk mencetak gol. Tim tuan rumah tampil cukup disiplin di barisan pertahanan.

Selain Orang Kaya Indonesia, Ada Peran 2 Legenda Arsenal di Balik Sukses Como Promosi ke Serie A

Tak mau kalah, Arsenal juga tampil cukup rapih di barisan belakang begitu kehilangan bola. William Saliba cs dengan sigap mematahkan serangan balik yang dilancarkan Bodo/Glimt.

Kebuntuan akhirnya pecah di menit 24. Bukayo Saka mencatatkan namanya di papan skor lewat skema serangan yang cantik.

Arsenal Terancam Kehilangan Bek Muda Potensial

Dia bekerja sama satu-dua dengan Albert Sambi Lokonga sebelum melepaskan tembakan. Upaya pertama Saka sempat diblok Hoibraten namun bola kembali memantul ke arah Saka yang bisa dimaksimalkan untuk mengoyak gawang lawan. 1-0 Arsenal unggul.

Hanya berjarak dua menit, Arsenal hampir saja menggandakan keunggulan. Sayang, serangan balik yang dimotori oleh Martin Odegaard itu masih belum menemui sasaran.

Setelahnya, pertandingan makin memanas. Bodo/Glimt nyaris menyamakan kedudukan di menit 29. Amahi Pellegrino mendapatkan umpan manis dari Patrick Berg dan coba melepaskan tembakan. Tapi, penyelesaian akhir yang buruk membuat peluang itu terbuang sia-sia. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Arsenal kembali mengontrol jalannya permainan di babak kedua. Tapi, mereka lebih kalem dan berhati-hati dalam menyerang demi menjaga keunggulan.

Situasi itu dimanfaatkan oleh Bodo/Glimt untuk meningkatkan intensitas serangan. Mereka mendapatkan sejumlah peluang namun menjadi sia-sia lantaran buruknya finishing dari para pemain.

Memasuki satu jam, manajer Mikel Arteta mulai melakukan pergantian pemain demi menjaga kebugaran di lapangan. Dua pemain ditarik untuk memberikan tenaga baru.

Upaya tersebut mampu menjaga konsistensi The Gunners di lapangan dalam mendominasi jalannya pertandingan. Mereka juga mampu meredam para pemain Bodo/Glimt saat mulai memasuki wilayah kotak penaltinya.

Tak ada tambahan gol tercipta. Arsenal pun pulang dengan poin penuh berkat keunggulan 1-0.

Kemenangan ini membuat Gabriel Jesus cs memantapkan posisi sebagai pemuncak Grup A dengan 9 poin.

Susunan Pemain

Bodo/Glimt: Nikita Haikin (PG); Alfons Sampsted, Marius Hoibraten (Brede Moe 89'), Marius Lode, Brice Wembangomo, Hugo Vetlesen, Patrick Berg, Ulrik Saltnes (Albert Gronbaek 12'), Runar Espejord (Lars Salvesen 76'), Ola Solbakken, Amahi Pellegrino (Joel Mvuka 89').

Arsenal: Matt Turner (PG); Ben White (Takehiro Tomiyasu 70'), Rob Holding, William Saliba, Kieran Tierney, Martin Odegaard (Marquinhos 70'), Albert Sambi Lokonga (Thomas Partey 70'), Fabio Vieira, Bukayo Saka (Granit Xhaka 59'), Eddie Nketiah, Reiss Nelson (Gabriel Martinelli 59').

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya