5 Fakta Menarik Robert Lewandowski, Peraih Penghargaan Gerd Mueller Trophy

Penyerang Barcelona, Robert Lewandowski
Sumber :
  • Twitter

VIVA Bola – Penghargaan Ballon d’Or 2022 telah diumumkan pada Selasa dini hari WIB, 18 Oktober 2022. Sebanyak tujuh kategori diberikan kepada pemain-pemain terbaik edisi kali ini. 

Aston Villa Lolos ke Liga Champions, Pernah Juara Berkat Gol Eks Pelatih Timnas Indonesia

Gelar Ballon d’Or 2022 jatuh kepada bomber Real Madrid Karim Benzema yang mengalahkan Sadio Mane dan Kevin De Bruyne. Selain piala Ballon d’Or, penghargaan lain yang ada salah satunya adalah Gerd Mueller Trophy. Ini adalah kategori penyerang terbaik sepanjang musim 2021/22.

Pada tahun ini penghargaan tersebut dibawa pulang oleh pemain asal Polandia yaitu Robert Lewandowski. Performa gemilangnya saat masih bersama Bayern Munich menghasilkan penghargaan tersebut. 

Xavi Hernandez Tepis Isu Perselisihan dengan Lewandowski

Robert Lewandowski meraih Gerd Mueller Trophy 2022

Photo :
  • instagram @_rl9

Prestasi penyerang yang kini merumput di Barcelona ini memang patut diacungi jempol. Bahkan Lewandowski pernah memecahkan rekor dengan mengemas 43 gol dalam 34 penampilan di Bundesliga. Pencapaian itu berhasil melampaui legenda Gerd Mueller yang hanya mengoleksi 40 gol dalam jumlah penampilan yang sama. 

Profil Allianz Arena, Markas Bayern Munich Venue Pembukaan Piala Eropa 2024

Selain itu, tentunya masih ada fakta menarik lain dari pemain berusia 34 tahun. Dihimpun VIVA dari berbagai sumber, berikut 5 fakta menarik Robert Lewandowski.

Cetak lima gol dalam 8 menit 

Bomber Bayern Munich, Robert Lewandowski.

Photo :
  • AP Photo/Andreas Schaad

Saat musim keduanya bersama Bayern Munich, Lewandowski berhasil melesatkan lima gol sekaligus hanya dalam waktu 8 menit 59 detik. Pencapaian tersebut terjadi saat Die Roten menghadapi Wolfsburg pada 24 September 2015. Peristiwa ini menjadikannya sekaligus peraih hat-trick tercepat.

Raih Guinness Book of World Records

Bomber Bayern Munich, Robert Lewandowski.

Photo :
  • ANTARA/REUTERS/Wolfgang Rattay

Perolehan tersebut sukses membuat nama Lewandowski tercatat di Guinness Book of World Records. Prestasi yang tertera dalam Guinness Book of World Records adalah hat-trick tercepat, quat-trick tercepat, quint-trick tercepat, dan mencetak gol terbanyak sebagai pemain pengganti dalam sebuah pertandingan. 

Pemain non-Jerman tercepat toreh 100 gol di Bundesliga

Penyerang Bayern Munich, Robert Lewandowski

Photo :
  • twitter.com/FCBayernEN

Seperti yang sudah diketahui, pemain Bundesliga memang didominasi oleh warga negara Jerman. Namun hal tersebut tak menjadi penghalang Lewandowski untuk terus berprestasi. Ia berhasil mencetak gol ke-100 di Bundesliga pada musim 2018/19 ketika menang atas Schalke dengan skor akhir 3-1.

Pencetak gol terbanyak di Eropa

Striker Bayern Munich, Robert Lewandowski

Photo :
  • twitter.com/FCBayernEN

Dengan 58 gol di semua kompetisi musim 2021/22, Lewandowski merupakan pencetak gol paling produktif di liga top Eropa. Ia hanya selisih sedikit gol dengan striker PSG Kylian Mbappe yang mengumpulkan 43 gol. 

Tidak ada laga tanpa gol Lewandowski

Roebert Lewandowski

Photo :
  • instagram

Selama berseragam Bayern Munich, Lewandowski melesatkan gol rata-rata setiap 69 menit dalam 47 penampilan kompetitifnya pada tahun 2021. Dengan kata lain, secara statistik setidaknya sekali dalam satu pertandingan ia menorehkan gol.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya