Profil Timnas Jepang, Samurai Biru Wakil Asia di Piala Dunia 2022

Timnas Jepang di Kualifikasi Piala Asia 2022 Zona Asia
Sumber :
  • twitter.com/afcasiancup

VIVA Bola – Profil Timnas Jepang diketahui sudah mengikuti Piala Dunia di enam edisi berbeda. Sejak pertama kali lolos di Piala Dunia 1998, tim berjuluk Samurai Biru tersebut kini sudah menjadi langganan turnamen empat tahunan tersebut.

Uber Cup 2024: Indonesia Gilas Hong Kong 5-0 di Laga Perdana

Sebagai wakil dari benua Asia, Jepang pun kerap disebut sebagai kuda hitam yang siap menerkam tim-tim besar. Untuk di Piala Dunia 2022 yang di Qatar, pada 20 November 2022 nanti, status kuda hitam masih tersemat di Jepang.

Skuad Timnas Jepang di Olimpiade 2020.

Photo :
  • twitter.com/wataru0209
Buka Keunggulan Indonesia Atas Hong Kong, Begini Kata Gregoria Mariska

Jepang pun diprediksi akan membuat kewalahan Jerman dan Spanyol yang sama-sama tergabung di Grup E. Selain ketiga negara itu, Kosta Rika juga berada di Grup E.

Lantas, apakah Jepang akan lolos ke 16 besar ketika berada di satu grup dengan Jerman dan Spanyol? Atau justru salah satu dari dua negara top Eropa itu yang akan gagal lolos dari fase grup karena dihalangi Jepang? Patut dinantikan.

Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark

Perjalanan Timnas Jepang Lolos ke Piala Dunia 2022

Jepang lolos ke Piala Dunia 2022 dengan sangat mudah. Bagaimana tidak, di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, Tim Samurai Biru mampu melahap semua pertandingan dengan kemenangan.

Tergabung di Grup F bersama Tajikistan, Kyrgyzstan, Mongolia, dan Myanmar, Jepang tampil amat superior. Delapan laga dilahap Jepang dengan kemenangan dengan mencetak 46 gol dan hanya dua kali kebobolan.

Pemain Andalan Timnas Jepang

Timnas Jepang Juara Piala EAFF 2022

Photo :
  • ANTARA/ISSEI KATO

Banyak pemain Jepang yang saat ini bermain di liga-liga top Eropa. Namun, ada dua nama yang sukses menjadi sorotan selama berkarier di Benua Biru, yakni Takefusa Kubo dan Takumo Minamino.

Kedua pemain itu terkenal karena Kubo yang dulunya berstatus penggawa Real Madrid serta Minamino yang pernah bermain untuk Liverpool. Meski saat ini Kubo bermain di Real Sociedad dan Minamino bersama AS Monaco, kedua pemain itu tetap memiliki kemampuan yang hebat.

Jangan lupa juga Jepang memiliki Daichi Kamada. Gelandang serang Eintracht Frankfurt itu bisa dikatakan memiliki kemampuan di atas rata-rata.

Pelatih Timnas Jepang

Hajime Moriyasu

Photo :
  • Dok. J League

Hajime Moriyasu sudah memiliki kepala pelatih timnas Jepang sejak 1 Agustus 2018. Selama melatih Jepang, Moriyasu sukses mengantarkan tim Samurai Biru menjuarai Piala Asia Timur 2022.

Lalu untuk Piala Asia 2019, Moriyasu sejatinya mampu mengantarkan Jepang ke babak final. Namun dalam laga perebutan gelar juara itu, Jepang kalah dari Qatar. Kini tugas berat menanti Moriyasu. Karena ia akan berpikir keras untuk mengalahkan Jerman, Spanyol, dan Kosta Rika agar bisa lolos fase grup.

Jadwal Timnas Jepang di Piala Dunia 2022

Timnas Jepang di Kualifikasi Piala Asia 2022 Zona Asia

Photo :
  • twitter.com/afcasiancup

Rabu, 23 November 2022
20.00 WIB: Jerman vs Jepang (Khalifa International Stadium)

Minggu, 27 November 2022
16.00 WIB: Jepang vs Kosta Rika (Stadion Ahmad bin Ali)

Jumat, 2 Desember 2022
02.00 WIB: Jepang vs Spanyol (Khalifa International Stadium)

Kiprah Jepang di Piala Dunia

  • 1998: Fase Grup
  • 2002: 16 Besar
  • 2006: Fase Grup
  • 2010: 16 Besar
  • 2014: Fase Grup
  • 2018: 16 Besar
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya