Pelatih Timnas Brasil Ungkap Alasan Bawa Dani Alves ke Piala Dunia 2022 meski Tuai Kecaman

Dani Alves
Sumber :
  • instagram

VIVA Bola – Pelatih Timnas Brasil, Tite, membela keputusannya membawa bek kanan berusia 39 tahun, Dani Alves, dalam skuad 26 pemainnya untuk Piala Dunia 2022, meskipun dia telah menerima beberapa komentar negatif di media sosial.

Profil Timnas Jerman, Tuan Rumah Ingin Kembalikan Nama Besar di Piala Eropa 2024

Alves kemungkinan besar akan menjadi pemain tertua yang mewakili juara dunia lima kali itu di Qatar, melampaui rekor bek kanan legendaris Djalma Santos yang berusia 37 tahun di Piala Dunia 1966.

Bek Timnas Brasil, Dani Alves.

Photo :
  • instagram.com/danialves/
Tragis, Casemiro Terbuang dari Timnas Brasil di Copa America Gara-gara Main di MU

Alves, yang merupakan pesepakbola dengan raihan trofi terbanyak sepanjang masa dengan 46 trofi level klub, akan berlaga di Piala Dunia ketiganya untuk Brasil setelah sebelumnya tampil di edisi 2010 dan 2014.

Mantan bek kanan Barcelona, yang saat ini bermain dengan klub Meksiko UNAM Pumas, diragukan masuk skuad karena cedera sebelum Tite mengumumkan skuad, pada Senin sore, 7 November 2022, waktu setempat. Apalagi, Alves tidak bermain selama lebih dari sebulan karena cedera lutut.

Timnas Indonesia Gagal ke Olimpiade Paris 2024, AFC: Akhir yang Memilukan

Makanya, banyak orang di media sosial yang mempertanyakan masuknya Alves ke dalam skuad 26 pemain resmi Timnas Brasil. Namun, Tite tidak peduli dengan tanggapan negatif itu dan menegaskan bahwa bek berpengalaman tersebut memiliki banyak kualitas yang akan sangat berharga bagi timnya di Qatar nanti.

"Saya datang ke sini bukan untuk menyenangkan orang di Twitter, yang saya bahkan tidak tahu berapa persentase yang diwakili oleh orang-orang Brasil," ujar Tite, seperti dikutip Sports Mole, Selasa 8 November 2022.

"Saya menghormati perbedaan pendapat dan saya di sini bukan untuk meyakinkan semua orang. Saya hanya ingin memberikan informasi agar orang-orang secara demokratis memebentuk pendapat mereka sendiri. Sekarang, setiap orang memiliki pendapat mereka dan setiap orang memiliki rasa hormat saya."

Pelatih Timnas Brasil, Tite

Photo :
  • Fox Sports Asia

"(Alves) menambahkan aspek teknis dan taktis yang mengesankan, menjadi seorang organisator, seorang artikulator. Tentu dia bukan pemain 60 hingga 70 meter lagi, tetapi dia memiliki kelebihan lain."

"Kriteria itu memberikan kualitas teknisnya, tetapi juga aspek mental dan fisiknya."

Alves, yang tidak bermain untuk Pumas sejak akhir September, baru-baru ini berlatih dengan Barcelona untuk meningkatkan kebugarannya, dan dokter Timnas Brasil, Fabio Mahseredjian, telah mengonfirmasi bahwa bek kanan itu akan siap pada waktunya untuk turnamen di Qatar.

"Kami telah mengikuti pemulihannya dari dekat dan semua data yang kami miliki dari dokter Barcelona menunjukkan bahwa dia fit untuk bermain," ucap Mahseredjian.

Alves melewatkan Piala Dunia 2018 di Rusia karena cedera, tetapi dia adalah salah satu dari tiga pemain di skuad Tite, bersama Neymar dan Thiago Silva, yang tampil di Piala Dunia 2014, yang diadakan di negara asalnya, Brasil.

Daniel Alves

Photo :
  • eurosports.com

Bek kanan berpengalaman itu telah mencatatkan 124 caps internasional untuk Selecao dan dia hanya membutuhkan satu penampilan lagi untuk menyamai pencapaian bek kiri legendaris, Roberto Carlos sebagai pemain dengan caps terbanyak kedua di negara itu dalam sejarah. Sementara itu, Cafu adalah pesepakbola caps terbanyak untuk Brasil, dengan mencatatkan 142 penampilan.

Skuad Tite di Piala Dunia 2022 didominasi oleh pemain yang merumput di Eropa, termasuk 12 bintang Premier League, meskipun mereka telah menepikan striker Liverpool, Roberto Firmino.

Timnas Brasil, yang berusaha untuk menjadi dunia pertama kalinya sejak 2002, akan menghadapi Serbia, Swiss, dan Kamerun di Grup G Piala Dunia 2022 di Qatar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya