Bagaimana FIFA Mencari Wasit untuk Piala Dunia 2022? Begini Caranya!

Bola Piala Dunia 2022, Al Rihla
Sumber :
  • FIFA.com

VIVA Bola – FIFA telah mengumumkan daftar wasit yang akan memimpin Piala Dunia 2022 di Qatar. Selain wasit, diumumkan juga jika akan ada juga asisten wasit dan official pertandingan.

Jangan Kaget, Motor Listrik Mirip Vespa 946 di PEVS 2024 Ini Cuma Rp13 Jutaan

Dalam daftar yang dirilis FIFA, terdapat 36 wasit, 69 asisten, dan 24 official. Pertandingan awal yang akan berlangsung di turnamen sepak bola terbesar sejagad ini akan terhelat dari tanggal 20 November hingga 18 Desember 2022.

Piala Dunia 2022 Qatar, Stadion Ahmad Bin Ali

Photo :
  • Instagram: mundo.dos.estadios
Menpora Dito Beri Kabar Baik, Arab Saudi Komitmen Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Wasit, asisten wasit dan official pertandingan yang akan terlibat dalam pertandingan Piala Dunia 2022 nanti, bukanlah orang sembarangan.

Mereka telah menjalani proses seleksi ketat dari FIFA. Melansir Marca, proses seleksi dimulai dari tiga tahun lalu, ketika 50 trio wasit dianalisis sebagai kandidat yang memungkinkan untuk mengawal pertandingan piala dunia.

Spek dan Harga 7 Mobil Mewah Harvey Moeis yang Disita Kejagung, Rolls-Royce sampai Ferrari

Versi resminya adalah bahwa "wasit terbaik" dipilih untuk Piala Dunia, tetapi kenyataannya ada sejumlah pertimbangan geografis dan politik yang berperan. Selain itu, mereka harus berusia di atas 25 tahun dan di bawah 45 tahun.

Wasit Piala Dunia dipilih oleh ketua wasit FIFA bersama-sama, komite beranggotakan 16 orang ditambah perwakilan medis. Sepuluh dari mereka adalah mantan wasit dan dua lainnya yang bertugas menilai liga lokal mereka.

Meskipun belum diumumkan wasit mana yang akan memimpin pertandingan mana, penting untuk diingat bahwa tidak sedikit dari mereka yang bisa menjadi wasit pertandingan yang dimainkan oleh tim nasionalnya.

Penampilan mereka di fase pertama Piala Dunia akan menentukan apakah mereka akan bertahan menjadi wasit di babak sistem gugur.

Tiga Wasit Perempuan Pertama di Piala Dunia

Wasit wanita Bonas Cup 2022, Mitra Coriena Syumanja

Photo :
  • B.S. Putra (Medan)

Untuk pertama kalinya dalam sejarah turnamen ini, akan ada tiga wanita. Mereka adalah Stephanie Frappart dari Perancis, Salima Mukansanga dari Rwanda dan Yoshimi Yamashita dari Jepang.

Tiga asisten wasit juga telah dipilih: Neuza Back dari Brasil, Karen Diaz Medina dari Meksiko, dan Kathryn Nesbitt dari Amerika Serikat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya