5 Bintang 'Senior' yang Mencatatkan Debutnya di Piala Dunia 2022

Bek Liverpool, Virgil van Dijk
Sumber :
  • Daily Mail

VIVA Bola – Perhelatan Piala Dunia 2022 hanya tinggal berjarak sehari lagi. Pesta sepakbola terakbar sejagat raya itu akan dibuka di Al-Bayt Stadium, Qatar, Minggu 20 November 2022.

Liverpool Dibantai Atalanta di Kandang Sendiri, Van Dijk: Sakitnya Tuh di Sini

Sebanyak 32 tim akan bersaing memperebutkan status raja sepakbola dunia. Dari seluruh tim bertabur bintang tersebut, terdapat sejumlah nama pemain yang baru pertama kali merasakan atmosfer Piala Dunia, meski sudah rutin tampil untuk negaranya.

Beberapa di antaranya lantaran negaranya tak lolos ke Piala Dunia 2018 lalu. Namun, ada juga yang kalah saing dengan pemain lainnya.

Klopp Puji Trio Belanda di Liverpool

Berikut beberapa nama pemain bintang yang mencatatkan debutnya di Piala Dunia, seperti dihimpun tim VIVA Bola:

1. Virgil van Dijk

Bukan Ronaldo, Virgil van Dijk Blak-blakan Sebut 4 Pemain Paling Sulit Dihadapi

Pemain Timnas Belanda, Virgil van Dijk.

Photo :
  • https://twitter.com/footballoranje_

Nama pertama merupakan pemain senior di posisi bek tengah. Saat ini, pemain yang membela Liverpool itu sudah berusia 31 tahun.

Tentu aneh mengetahui Piala Dunia 2022 merupakan yang pertama bagi Van Dijk. Tapi, kenyataannya demikian.

Pemilik 49 caps bersama Timnas Belanda itu tak dilirik oleh pelatih Louis van Gaal pada Piala Dunia 2014. Kemudian, Belanda tak lolos ke Piala Dunia 2018 yang membuatnya baru mendapatkan debut pada edisi 2022.

Gelandang Barcelona, Frenkie de Jong

Photo :
  • Twitter/@DeJongFrenkie21

Senada dengan Van Dijk, sang kompatriot juga baru mencatatkan debutnya di Piala Dunia 2022. Hal ini lebih disebabkan lantaran Belanda tak lolos ke Piala Dunia 2018.

Beruntung, penggawa Barcelona itu mendapatkan kesempatannya empat tahun berselang. Pemain yang telah mencatatkan 45 penampilan bersama De Oranje itu berpotensi menjadi salah satu bintang yang meledak di Piala Dunia 2022.

Federico Valverde

Photo :
  • instagram

Piala Dunia 2022 ini juga menjadi yang pertama bagi gelandang serang Real Madrid. Padahal, dia telah tampil bersama Uruguay sejak 2017 silam.

Namun, persaingan ketat di lini tengah membuatnya tak dibawa pelatih Oscar Tabarez yang saat itu masih menangani Uruguay ke Piala Dunia 2018.

Kini, di usia 24 tahun, Valverde berkesempatan menunjukkan kemampuan terbaiknya bersama Uruguay di edisi 2022.

Bel Bayern Munich, Alphonso Davies.

Photo :
  • Instagram/@alphonsodaviess

Satu lagi bek yang tampil sebagai debutan di Piala Dunia 2022. Pasalnya, Kanada bukanlah sebuah negara yang rutin tampil di turnamen ekbar empat tahunan itu.

Davies menjadi salah satu pilar kunci yang turut mengantarkan Kanada ke Piala Dunia 2022 setelah terakhir kali tampil di edisi 1986.

Kiper Chelsea, Edouard Mendy.

Photo :
  • Evening Standard

Mendy menjadi salah satu kunci sukses Senegal ke Piala Dunia 2022. Kesuksesannya bersama Chelsea tahun lalu turut menular ke Timnas Senegal.

Pada akhirnya, Mendy yang sebelumnya tak dilirik membela Senegal di Piala Dunia 2018 langsung menjelma menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang. Maka itu, dia baru mendapatkan kesempatan debutnya di edisi tahun ini pada usianya yang ke-30.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya