5 Kekalahan Mengejutkan di Piala Dunia Selain Argentina Vs Arab Saudi

Argentina vs Arab Saudi di Piala Dunia 2022
Sumber :
  • AP Photo/Natacha Pisarenko

VIVA Bola – Kejutan Besar terjadi pada hari ketiga Piala Dunia 2022. Di mana Timnas Argentina dikalahkan oleh Timnas Arab Saudi dengan skor 1-2 dalam pertandingan Grup C di Lusail Iconic Stadium, Qatar pada Selasa sore WIB 22 November 2022.

Timnas China dan Korsel Tiba di Bali untuk Tampil di Piala Asia Wanita U-17

Argentina yang diperkuat oleh Lionel Messi jadi unggulan untuk memenangkan pertandingan. Mereka tak cuma punya pemain berjuluk La Pulga, tapi juga sederet nama besar di kompetisi sepakbola dunia.

Argentina menunjukkan dominasi di awal pertandingan. Pada menit 10, mereka mendapat hadiah penalti, dan Messi sebagai eksekutor menjalankan tugas dengan sangat baik.

Timnas Indonesia U-23 Terhindar dari Israel di Olimpiade 2024, Bisa Ketemu Argentina

Kapten Timnas Argentina, Lionel Messi, meratapi kekalahan dari Arab Saudi.

Photo :
  • AP Photo/Ebrahim Noroozi

Ketika tertinggal, permainan Arab Saudi sangat baik. Dengan menerapkan pertahanan garis tinggi, transisi menyerang dan juga bertahan mereka mampu membuat Argentina kesulitan.

11 Fakta Stadion Abdullah bin Khalifa, Tempat Semifinal Piala Asia U-23 2024 Indonesia vs Uzbekistan

Di awal babak kedua, Arab Saudi membuat Argentina terkejut. Pada menit 48, Saleh Sal-Shehri menyamakan kedudukan, dan selang lima menit kemudian Salem Al Dawsari membuat Arab Saudi unggul 2-1 yang bertahan sampai laga usai.

Dengan hasil pertandingan Argentina vs Arab Saudi ini, total ada enam kekalahan mengejutkan sepanjang sejarah Piala Dunia. Berikut kami sajikan lima lainnya.

Pertandingan Timnas Argentina vs Arab Saudi di Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Ricardo Mazalan

1. Amerika Serikat Vs Inggris

Timnas Amerika Serikat tampil pada Piala Dunia 1950 Brasil dan membuat kejutan. Mereka berhasil mengalahkan Timnas Inggris dengan skor 1-0.

Gol semata wayang Amerika Serikat dicetak oleh Joe Gaetjens. Mengapa kemudian kemenangan pasukan Negeri Paman Sam dianggap kejutan? Karena ketika itu para pemain mereka adalah pekerja paruh waktu, bukan pesepakbola profesional.

2. Korea Utara Vs Italia

Timnas Korea Utara membuat kejutan ketika tampil di Piala Dunia 1966 Inggris. Mereka membuat Timnas Italia gigit jari karena kalah dengan skor tipis 0-1.

Penampilan Korea Utara pada kesempatan itu memang penuh kejutan. Mereka yang awalnya lolos saja sudah jadi kejutan malah bisa melangkah sampai perempat final.

3. Kamerun Vs Argentina

Legenda Timnas Argentina, Diego Maradona

Photo :
  • Twitter

Timnas Argentina pertama kali kalah mengejutkan di Piala Dunia adalah edisi 1990 di Italia. Mereka kalah 0-1 dari Timnas Kamerun yang mencetak gol lewat Francois Omam-Biyik.

Ketika itu Argentina diperkuat Diego Maradona yang memiliki bakat luar biasa. Tim Tango ketika itu juga menjadi unggulan juara, karena pada edisi 1986 menjadi juara.

4. Senegal Vs Prancis

Gelaran Piala Dunia 2002 di Jepang dan Korea Selatan memunculkan kekalahan mengejutkan Timnas Prancis. Mereka yang saat itu datang dengan status juara bertahan kalah 0-1 dari Timnas Senegal.

Prancis bertemu Senegal dalam laga pembuka Grup A, dan setelah itu Les Blues imbang lawan Uruguay dan kalah dari Denmark. Mereka kemudian gagal lolos ke babak 16 besar.

5. Korea Selatan Vs Italia

Ahn Jung-Hwan

Photo :

Kekalahan mengejutkan dialami Timnas Italia di Piala Dunia 2002. Mereka dipaksa gigit jari oleh tuan rumah, Timnas Korea Selatan pada babak 16 besar.

Korea Selatan berhasil menang 2-1 atas Italia setelah melalui babak tambahan. Pada 90 menit waktu normal, Italia unggul lebih dulu lewat gol Christian Vieri.

Namun, Korea Selatan bisa menyamakannya lewat Seol Ko-hyeon pada menit 88. Di masa babak tambahan, Ahn Jung-hwan mencetak gol yang membuat tuan rumah melaju ke perempat final.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya