4 Alasan Piala Dunia 2022 Qatar Terbaik Sepanjang Sejarah

Pesta juara fans Timnas Maroko
Sumber :
  • AP Photo/Mosa'ab Elshamy

VIVA Bola – Presiden FIFA Gianni Infantino menggambarkan Piala Dunia 2022 Qatar merupakan gelaran terbaik dalam sejarah. Hal tersebut lantaran beberapa rekor baru yang dicatat sejak berlangsungnya matchday perdana pada 20 November lalu.

Pelatih Persib Bandung Komentari Efek VAR di Championship Series Liga 1

Gianni menyebut Piala Dunia yang berlangsung di Qatar kali ini memiliki lebih dari dua miliar penonton dan untuk pertama kalinya dalam sejarah, ada perwakilan tim dari setiap benua di babak 16 besar. Selain itu, tayangan pertandingan yang disiarkan di televisi juga hadir dengan kualitas tinggi.

Berikut 4 alasan Piala Dunia Qatar adalah yang terbaik sepanjang sejarah dilansir dari beberapa sumber, Rabu 14 Desember 2022.

Didukung Penuh Bobotoh, Persib Bandung Siap Terkam Bali United

1. Skor besar tercipta

Timnas Spanyol merayakan gol ke gawang Timnas Jerman di Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Julio Cortez
Cek Fakta: Timnas Indonesia vs Portugal Pada September 2024

Banyak skor besar berhasil dicetak di Piala Dunia ini. Spanyol adalah satu-satunya tim yang berhasil mencetak tujuh gol dalam satu pertandingan sementara Inggris dan Portugal berhasil mencatatkan enam gol dalam satu pertandingan. Kosta Rika berada di posisi berikutnya dengan empat gol dalam satu pertandingan.

2. Banyak kejutan

Pertandingan Timnas Argentina vs Arab Saudi di Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Ricardo Mazalan

Tentunya Anda masih mengingat bagaimana Arab Saudi berhasil mengalahkan Argentina (2-1). Saudi berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-48 dan mencetak gol kemenangan mereka pada menit ke-53, terkait hal ini banyak pihak dikejutkan atas performa gemilang Green Falcon.

Padahal Argentina adalah salah satu favorit untuk memenangkan trofi, jadi kekalahannya dari Saudi adalah sejarah besar. Bahkan ada hari libur nasional yang dinyatakan keesokan harinya oleh Raja Salman untuk merayakan kemenangan itu.

Jerman vs Jepang

Tentu sebelum dilangsungkannya pertandingan ini banyak orang menduga Jerman bakal menyelesaikan pertandingan sebagai pemenang. Tetapi anggapan itu sukses dipatahkan oleh Timnas Jepang. Mereka berhasil membalas gol Ilkay Gundogan (33’) masing-masing di menit 75 dan menit 83 sebagai gol penentu untuk membungkam kesombongan Jerman malam itu.

Portugal vs Korea Selatan

Laga Timnas Portugal berhadapan dengan Timnas Korea Selatan pun tak lepas dari kejutan yang tersaji di Piala Dunia 2022. Portugal yang dijagokan banyak pihak harus mengakui kehebatan dan kegesitan Timnas Korsel dalam laga penyisihan grup. Terbukti Son Heung-min cs berhasil menaklukan Portugal dengan skor 2-1.

3. Tim-tim besar tersingkir di awal

Pemain Timnas Jerman protes atas larangan ban kapten One Love oleh FIFA

Photo :
  • AP Photo/Ricardo Mazalan

Jerman

Tampil paling menonjol di Piala Dunia 2022 lantaran pose tutup mulut yang mereka lakukan di pertandingan perdana saat melawan Iran membuat skuad Der Panzer mendapat banyak sorotan. Meski demikian kemampuan mereka terbilang loyo di lapangan lantaran hanya mampu menang melawan Timnas Kosta Rika. Hasil itu tentu tidak cukup bagi mereka untuk lolos ke babak 16 besar.

Spanyol

Timnas Spanyol menjadi tim yang digadang-gadang bakal meraih trofi Piala Dunia 2022. Terlebih setelah mereka berhasil lolos dari babak penyisihan grup. Meski demikian, anggapan banyak orang salah lantaran La Roja hanya mampu bertahan sampai 16 besar setelah mereka ditendang Timnas Maroko lewat drama adu penalti.

Belgia

Dipenuhi banyak pemain bintang di masa keemasannya kini, Belgia rupanya malah tampil kurang semangat di Qatar. Terbukti mereka tak mampu lolos ke babak 16 besar setelah di babak penyisihan grup hanya mampu mengalahkan Timnas Kanada.

5. Maroko capai semifinal

Pelatih Timnas Maroko, Walid Regragui

Photo :
  • AP Photo/Martin Meissner

Maroko melaju ke babak 16 besar setelah mengalahkan Belgia dan Kanada serta bermain imbang dengan Kroasia. Secara mengejutkan mereka berhasil mengalahkan Spanyol di babak 16 besar melalui adu penalti dan di perempat final mereka juga sukses mengalahkan Portugal dengan skor 1-0. Berikutnya di semifinal mereka sudah ditunggu sang juara bertahan Prancis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya