Gawat, Kecerdasan Buatan Mulai Ancam Tugas Asisten Pelatih

Pep Guardiola dan Juergen Klopp saat Manchester City vs Liverpool
Sumber :
  • AP Photo/Jon Super

VIVA Bola – Kecerdasaan buat atau artifical intelligence semakin berkembang. Bahkan kini sudah sampai merambah ke dunia sepakbola.

Peluk Pratama Arhan Usai Indonesia Kalahkan Korsel, Azizah Salsha: Super Proud!

Mengutip Daily Star, kini tengah dikembangan kecerdasaan buatan yang bakalan sangat menguntung dan membantu kinerja dari pelatih sebuah tim.

Ilmuan bersama dengan Google's Deepmind, tengah mengembangkan Automated Video Assistant Coaches yang memberikan sejumlah keuntungan besar buat pelatih, bahkan bisa menggantikan peran asistennya.

Qualcomm Snapdragon X Plus, Chipset Pendukung Laptop AI

AI tersebut akan memberikan analisa data, bahkan perintah-perintah khusus bagi pelatih, yang berdasarkan kondisi di atas lapangan.

Manajer Liverpool, Juergen Klopp menyaksikan MU dibantai 7-0 di Anfield.

Photo :
  • AP Photo
Piramida Sepakbola Inggris dalam Bahaya

Beberapa analisa yang sudah bisa dilakukan oleh AI di antaranya bahwa pemain akan berlari 20 persen lebih lambat dari di awal laga. Mereka juga mendeteksi kelelahan para pemain, dan lain-lain.

A School of Psychology study at Queen’s University Belfast sementara sudah mengembangkan simulator yang berhasil memberikan saran soal pagar betis bagi kiper ketika terjadi tendangan bebas.

Jeye Lenders yang merupakan analis badan SciSport menyatakan AI bahkan berhasil mengumpulkan data ribuan jenis operan, umpan silang, dalam beberapa tahun terakhir dari ratusan kompetisi, serta mampu memberikan informasi tersebut secara gambalang.

"Ini jelas hal yang tidak mungkin di lakukan oleh orang secara personal," kata Jeye.

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya