Lionel Messi Kembali Perkuat Timnas Argentina untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pemain Timnas Argentina Lionel Messi
Sumber :
  • AP Photo

Argentina – Setelah awal yang cemerlang dalam karirnya di Major League Soccer, Lionel Messi kembali ke tugas internasional bersama Argentina minggu ini saat perjalanan panjang kualifikasi Amerika Selatan menuju Piala Dunia 2026 dimulai pada hari Kamis. 

Profil Ilaix Moriba, Mantan Setim Messi di Barcelona Bisa Bahayakan Timnas Indonesia

Sembilan bulan lalu, Messi memahkotai karirnya yang gemerlap dengan memimpin Argentina meraih mahkota Piala Dunia di Qatar yang mengukuhkan statusnya sebagai pemain terhebat di generasinya. Sejak malam ajaib di Doha itu, kehidupan superstar mungil berusia 36 tahun ini mengalami masa pergolakan.

Setelah akhir karirnya yang buruk bersama Paris Saint-Germain, Messi didekati oleh Arab Saudi sebelum akhirnya memutuskan untuk memulai babak baru dalam karirnya bersama Inter Miami.

Trofi Bola Emas Maradona di Piala Dunia FIFA 1986 Meksiko Akan Dilelang

Langkah tersebut terbukti menjadi keputusan yang menginspirasi, dengan Messi dan keluarganya menetap di Florida dengan lancar sambil menikmati kesuksesan di lapangan, membawa Inter meraih trofi pertama mereka dan melaju ke final Piala AS Terbuka.

Pelatih Inter Gerard "Tata" Martino, mantan pemain Argentina dan Barcelona, ​​mengatakan Messi telah "dibebaskan" dengan akhirnya memimpin Argentina ke Piala Dunia tahun lalu setelah beberapa kali nyaris gagal dalam kejuaraan besar.

Terpopuler: Pengakuan Pelatih PSG, Timnas Indonesia Dibela Ronaldo dan Messi

Namun pertanyaan yang mengemuka saat kampanye kualifikasi Amerika Selatan dimulai minggu ini adalah apakah Messi akan ada ketika Argentina ingin mempertahankan gelar mereka pada tahun 2026, ketika turnamen tersebut diselenggarakan bersama di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Messi tampaknya menolak prospek itu dalam komentar yang dibuat pada bulan Juni, dengan mengatakan dia tidak berharap untuk bermain di putaran final 2026.

Namun dia kemudian mengakui dalam sebuah wawancara pada bulan Juli bahwa dia tidak memiliki gambaran yang jelas kapan dia berencana untuk mengakhiri karir internasionalnya.

"Bahkan aku tidak tahu kapan. Itu akan terjadi ketika itu terjadi,” kata Messi kepada media Argentina.

“Setelah memenangkan segalanya, saya ingin menikmati momen ini dan menunggu waktu yang memberi tahu saya kapan saatnya Logikanya, mengingat usia saya, orang mungkin mengira hal itu akan terjadi dalam waktu dekat, tapi saya tidak tahu pasti,' ucap messi.

Manajer Argentina yang menjuarai Piala Dunia Lionel Scaloni tentu saja tidak berminat untuk memaksakan masalah ini. Scaloni tercatat mengatakan bahwa tempat di skuad 2026 akan menjadi milik Messi jika ditanya apakah dia memilih.

“Saya pikir Messi bisa lolos ke Piala Dunia berikutnya. Itu akan sangat tergantung pada apa yang dia inginkan, apakah dia merasa baik-baik saja. Pintunya akan selalu terbuka. Dia bahagia di lapangan dan itu akan sangat menyenangkan bagi kami," kata Scaloni.

Meskipun pertanyaan mungkin terus berputar seputar masa depan Messi di masa depan, ketidakpastian mengenai prospek Argentina untuk lolos ke Piala Dunia semakin berkurang.

Final yang diikuti 48 tim pada tahun 2026 berarti enam dari 10 tim yang berkompetisi di kualifikasi Amerika Selatan, yang akan selesai pada September 2025, akan otomatis lolos ke final. Tim peringkat ketujuh akan melaju ke babak playoff.

Mengingat kekuatan Argentina, akan sangat besar jika mereka gagal lolos otomatis ke tahun 2026. Perjalanan kualifikasi Messi dan Argentina dimulai dengan pertandingan kandang melawan Ekuador di Estadio Monumental di Buenos Aires pada hari Kamis, sebelum tim menghadapi Bolivia di La Paz Selasa depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya