Misi Timnas Jerman Akhiri Catatan Buruk di Piala Dunia U-17

Timnas Jerman U-17 rayakan keberhasilan ke final Piala Dunia U-17
Sumber :
  • AP Photo/John Sumbar

Solo – Timnas Jerman U-17 berhasil memastikan tiket ke final Piala Dunia U 17 2023. Der Panzer menaklukkan Timnas Argentina 4-2 (3-3) lewat adu penalti dalam laga semifinal di Stadion Manahan Solo, Selasa 28 November 2023.

Mimpi Jakarta LavAni Hattrick Juara Proliga

Ini merupakan final pertama Jerman di Piala Dunia U-17 sejak 1985. Mereka juga bertekad mengakhiri catatan buruk di Piala Dunia U-17 yakni belum sekalipun juara.

Meskipun mendominasi di level senior, dengan empat gelar Piala Dunia, Jerman nyatanya belum pernah juara di level U-17. Catatan buruk ini berupaya diperbaiki di Indonesia. Jerman juga berupaya mengawinkan gelar Piala Eropa U-17 dengan Piala Dunia U-17.

Target PBSI Bawa Indonesia Kembali Juara Piala Thomas

"Tentu saja kami akan sangat senang jika kami bisa memenangkan kedua kejuaraan ini. Tentu saja tujuan kami datang ke sini untuk menang. Siapa pun lawannya di final nanti, kami berharap bisa menang," kata pelatih Jerman U-17, Christian Wueck.

Selama Piala Dunia U-17, Jerman tampil sempurna dengan menyapu bersih semua laga, tiga laga penyisihan grup dan tiga laga babak gugur dengan kemenangan. Torehan ini membuatnya semakin optimitis mampu menggondol gelar juara yang belum pernah dimenangkan oleh timnya itu.

Trent Alexander-Arnold Siap Bangkitkan Juara Liverpool

Jerman U-17 vs Argentina U-17

Photo :
  • twitter.com/Argentina

"Sejauh ini, kami juga belum pernah merasakan kekalahan dari pertandingan awal hingga semifinal. Saya yakin para pemain sudah bersiap dengan sangat baik untuk bisa menjuarai Piala Dunia U-17 2023," ujarnya menambahkan.

Dalam kesempatan yang sama, Wueck menyoroti kerja keras para pemainnya. Menurutnya, kunci utama dapat memenangkan laga ini ialah penampilan babak kedua yang lebih baik dari babak pertama. Terlihat, pada babak kedua, Jerman bermain lebih agresif dan mampu membendung serangan-serangan Argentina walaupun harus kecolongan pada menit-menit akhir laga.

"Luar biasa, saya turut bahagia untuk para pemain, terutama karena mereka tampil kurang baik sepanjang babak pertama. Kami mencetak gol melalui serangan balik dan kemudian dibalas," katanya.

"Kami bertahan dengan tangguh dan jauh lebih agresif daripada pemain lawan. Itulah sebabnya saya merasa bangga, karena pemain mengubah permainan mereka, berani, dan menyadari bahwa ada kesempatan untuk meraih kesuksesan di sini," lanjutnya.

Di partai final, Jerman menghadapi Timnas Prancis U-17 yang pada partai semifinal satunya menumbangkan Mali U-17 dengan skor 2-1. Laga final akan tersaji di Stadion Manahan, Solo, Sabtu 2 Desember 2023 pukul 19.00 WIB.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya