Bantah Tudingan 'Main Sabun' Laga Timnas Korea Selatan Vs Malaysia

Korea Selatan vs Malaysia
Sumber :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

Qatar – Timnas Korea Selatan dituding 'main sabun' saat menghadapi Timnas Malaysia dalam pertandingan matchday ketiga Grup E Piala Asia 2023. Bermain di Al Janoub Stadium, Qatar, Kamis malam WIB 25 Januari 2024, skor akhirnya imbang 3-3.

Anak Shin Tae-yong: Meskipun Warga Korsel, Saya Dukung Timnas Indonesia

Korea Selatan membuka keunggulan pada menit 21 melalui Jeong Woo-yeong. Malaysia membalas pada menit 51 melalui Muhammad Faisal. Berselang 11 menit kemudian, Arif Aiman membawa Harimau Malaya berbalik unggul pada menit 62.

Pertandingan berjalan menarik di 10 menit akhir waktu normal. Tendangan bebas Lee Kang-in membuat Korea Selatan menyamakan kedudukan ketika memasuki menit 83.

Erick Thohir : Satu Game Lagi Sudah Kunci ke Olimpiade, Kalau Dua Game Kita Juaranya

Son Heung-min saat Korea Selatan melawan Malaysia

Photo :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

Empat menit injury time berjalan, Son Heung-min mencetak gol lewat titik putih. Malaysia membalasnya pada menit 90+15 melalui Morales Ramirez.

Pertama dalam 36 Tahun Korsel Gagal Lolos Olimpiade, Rekor Dihancurkan Timnas Indonesia U-23!

Cukup satu poin untuk membuat Korea Selatan lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Tim berjuluk Taeguk Warriors menjadi runner up Grup E dengan raihan lima poin.

Di balik hasil imbang tersebut, muncul tudingan Korea Selatan sengaja tidak menang atas Malaysia. Karena mereka bakal menjadi juara grup, dan itu berarti bertemu Timnas Jepang --runner up Grup D-- di babak 16 besar.

Timnas Korea Selatan di Piala Asia 2023

Photo :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

Pelatih Timnas Korea Selatan, Juergen Klinsmann membantah tudingan tersebut. Tak ada niatan dari mereka untuk sengaja melepaskan keunggulan atas Malaysia dalam pertandingan ini.

"Kami bukan mau menghindar bertemu Jepang. Sudah tentu ini bukan tujuan kami untuk melepaskan tiga gol keunggulan. Kami juga mau jadi juara grup karena itu targetnya," kata Klinsmann dalam konferensi pers usai laga.

Menurut juru taktik asal Jerman tersebut, di luar perlawanan Timnas Malaysia yang luar biasa, seharusnya Son Heung-min dan kawan-kawan bisa memenangkan pertandingan.

"Saya mengakui Malaysia bermain dengan sepenuh hati dan Anda perlu memberi kredit kepada mereka. Tapi memang seharusnya kami memenangkan pertandingan ini," tuturnya.

Lolos ke babak 16 besar dengan status runner up Grup E tak lantas membuat Korea Selatan terhindari dari lawan berat. Karena mereka akan menghadapi Timnas Arab Saudi sebagai juara Grup F.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya