Jurnalis AS Maju di Bursa Calon Presiden FIFA

Markas FIFA di Zurich
Sumber :
  • guardian

VIVAnews - Bursa calon Presiden FIFA mendatang bakal diramaikan banyak kalangan. Salah satu yang menarik adalah majunya seorang jurnalis asal Amerika Serikat ke pemilihan presiden sepakbola dunia itu.

Dalam artikel di Sport Illustrated berjudul "It's time for someone to depose Sepp Blatter as FIFA's leader", jurnalis Grant Wahl mengumumkan bahwa dirinya berniat mencalonkan diri menjadi Presiden FIFA.

Wahl mengkampanyekan dirinya sebagai 'orang luar' FIFA, dengan slogannya 'Sembuhkan infeksi Blatter'.

Kemenkominfo Mengadakan Chip In “Periksa Fakta Sederhana”

Wahl juga meragukan kandidat Presiden lainnya yaitu Mohamed Bin Hammam dari Qatar yang merupakan 'orang dalam' FIFA. Dia meragukan keikutsertaan Hammam mampu menjegal Blatter, yang dijagokan meraih kursi puncak organisasi sepak bola dunia itu untuk ke-empat kalinya.

"Sudah lama fans di seluruh dunia protes kepada Blatter, tapi tanpa menyediakan alternatif penggantinya. Tidak salah lagi, FIFA butuh perubahan," tulis Wahl di artikelnya, dikutip Goal.

Pemilihan Presiden FIFA akan dipilih melalui negara anggota, di mana setiap negara mempunyai satu suara. Agar Wahl dapat maju, maka satu negara anggota harus merekomendasikannya pada 1 April mendatang.

Selain Walf yang merupakan nama baru, Presiden FIFA saat ini, Sepp Blater, juga mencalonkan kembali menjadi Presiden untuk ke-empat kalinya, pada pemilihan 1 Juni mendatang.

Berikut adalah janji yang ditawarkan Wahl seandainya dia terpilih menjadi Presiden FIFA periode berikutnya:

1. Pemutaran tayangan ulang, apabila wasit ragu-ragu apakah bola telah melewati garis gawang atau belum. Agar tak terjadi kesalahan seperti kasus Frank Lampard di Piala Dunia 2010.

2. Tak ada pembatasan wasit per negara di Piala Dunia, untuk memastikan semua wasit terbaik ikut andil di kompetisi paling akbar tersebut. Para wasit juga diwajibkan menjelaskan keputusan kontroversialnya kepada media usai pertandingan.

3. Mencopot baju saat merayakan gol tidak akan dikenai kartu kuning lagi.

4. Sekretaris Umum akan ditempati seorang wanita.

5. Semua dokumen internal FIFA akan dibocorkan kepada publik [seperti gaya Wikileaks] dan mengadakan investigasi eksternal untuk mencari tindak korupsi di tubuh FIFA.

6. Presiden FIFA akan dibatasi masa jabatannya, yaitu maksimal dua kali masa jabatan.(np)

BMW i5 eDrive40 M Sport

BMW Cetak Sejarah Baru di Indonesia

BMW Indonesia mengumumkan hasil penjualan yang luar biasa untuk kuartal satu 2024 dengan total 775 unit, menunjukkan peningkatan 12 persen dibandingkan periode yang sama

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024