Copa America 2011

Satu Gol Loloskan Uruguay ke Perempat Final

Alvaro Pereira (tengah)
Sumber :
  • AP

VIVAnews - Uruguay akhirnya bisa bernafas lega setelah sukses mengantongi tiket perempat final Copa America 2011. Uruguay lolos setelah mengalahkan Meksiko dalam penyisihan Grup C dengan skor tipis 1-0.

Uruguay lolos setelah menjadi runner up Grup C dengan mengoleksi lima poin. Sedangkan Meksiko harus angkat koper dari Copa America setelah menjadi penghuni dasar grup. Uruguay akan menemani Chile yang sudah lolos ke perempat final terlebih dahulu setelah menempati puncak Grup C dengan mengoleksi tujuh poin.

Kemenangan ini adalah kemenangan pertama Uruguay di penyisihan Grup C. Dalam dua laga sebelumnya Uruguay selalu memetik hasil imbang 1-1 saat lawan Peru dan Chile.

Bermain di Stadion Ciudad de La Plata, Rabu, 13 Juli 2011, Uruguay yang sejak awal mengejar tiga poin tampil ngotot sepanjang 45 menit pertama. Pasukan Oscar Tabarez tanpa ampun terus menggempur pertahanan lini belakang Meksiko.

Gol Uruguay baru terjadi pada menit ke-15. Gol dicetak oleh Álvaro Pereira.

Unggul 1-0 belum membuat Uruguay mengendorkan serangan. Dua strikernya Diego Martín Forlán dan Luis Suárez beberapa kali mengancam gawang Uruguay. Namun, tendangannya belum mampu merobek gawang Luis Michel. Hingga turun minum, tidak ada gol lagi yang tercipta.

Memasuki babak kedua, Uruguay juga masih tampil agresif. Namun, lagi-lagi tendangan Forlan dan Suarez di pertengahan babak kedua juga masih melenceng jauh dari gawang Meksiko.

Pada menit ke-79, Meksiko nyaris membuyarkan mimpi Uruguay untuk lolos ke perempat final setelah gawang Uruguay dijebol Rafael Márquez Lugo. Beruntung, hakim garis jeli dan melihat Lugo dalam posisi off side.

Hingga laga berakhir, Uruguay mampu mengamankan kemenangan dengan skor tipis 1-0. Di perempat final, Uruguay akan bertemu Argentina pada 16 Juli di Santa Fe. Kedua negara ini punya koleksi masing-masing 14 gelar juara Copa.

Susunan pemain

Uruguay: Néstor Fernando Muslera, Álvaro Pereira, Diego Lugano, Victor Maximiliano Pereira, Sebastian Coates, Cristian Gabriel Rodríguez (Sebastián Eguren Vazquez 83'), Diego Pérez, Alvaro González (Nicolás Lodeiro 68'), Egidio Arévalo, Diego Martín Forlán (Sebastián Abreu 89'), Luis Suárez.

Meksiko: Luis Michel, Paul Aguilar (Javier Aquino Carmona 45'), Darvin Francisco Chávez, Hiram Ricardo Mier Alanís, Héctor Reynoso López, Jorge Enriquez Garcia, Miguel Ponce (Edgar Iván Pacheco Rodríguez 70'), Diego Reyes Rosales, Néstor Alejandro Araujo Razo, Giovani Dos Santos (Oribe Peralta Morones 45'), Rafael Márquez Lugo. (umi)

Hasil Liga 1: Tampil Ngotot dari Awal, PSIS Semarang Gilas Persikabo 1973
Fitri Carlina dan Rafael Struick

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Saking bahagianya, Fitri Carlina sampai terlihat menundukan kepala dan menangis bahagia atas kemenangan Timnas Indonesia saat melawan Korea Selatan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024