"Cha-Minator" Akhirnya Putuskan Mundur dari Timnas Korsel

Pemain Korea Selatan, Cha Du-ri
Sumber :
  • REUTERS/Steve Christo
VIVA.co.id -
Korsel Hampir Permalukan Jerman di Penyisihan Olimpiade
Cha Du-ri akhirnya memutuskan untuk pensiun dari sepakbola internasional usai kekalahan yang ditelan Korea Selatan dalam final Piala Asia 2015 melawan Australia, akhir pekan kemarin.

Ternyata, Angklung Populer di Korea Selatan

Cha adalah salah satu pilar penting dalam tim Korsel selama satu dekade terakhir. Permainannya yang keras membuat pria 34 tahun tersebut menjadi
Hujan Bubarkan Latihan Timnas Korea Selatan U-23
winger yang ditakuti oleh lawan.


Julukannya pun tidak main-main dari media Korsel yaitu "Cha-minator" yang mengacu pada film action Terminator, dan juga "Manusia Senjata". Sosok Cha juga begitu dihormati dalam timnas Korsel.


Sayangnya, tugas terakhir Cha bersama Korsel gagal berbuah trofi. "Negeri Gingseng" kalah tipis 1-2 dari Australia di Sydney dan gagal merebut gelar juara Asia untuk pertama kalinya dalam 55 tahun. Meski banyak pihak memintanya bertahan, Cha mengatakan ini adalah saat yang tepat untuk gantung sepatu.


"Perjalanan sepakbola terakhir saya sudah berakhir. Saya adalah seorang pemain sepakbola yang benar-benar bahagia," tulis Cha dalam akun Twitter resminya.


Cha adalah salah satu pemain yang masuk tim Korsel dan tampil mengejutkan di Piala Dunia 2002 di bawah asuhan Guus Hidink. Saat itu, putra dari legenda Korsel, Cha Bum-kun, ini padahal masih berstatus pemain amatir.


Dalam beberapa tahun kemudian, Cha keluar masuk timnas. Sempat tercoret di Piala Dunia 2006, ia tampil menawan 4 tahun kemudian setelah
Taeguk Warriors
lolos ke babak 16 besar sekaligus mencatatkan caps ke-50 di Piala Dunia Afrika Selatan. Setelah itu, Cha kembali tercoret dari skuad Piala Dunia 2014 sebelum kembali tampil menawan di Piala Asia.


Cha merupakan kelahiran Jerman saat sang ayah sedang membela klub Bundesliga, Eintracht Frankfurt dan Bayer Leverkusen. Ia memulai karir bersama beberapa klub Jerman seperti Leverkusen, Mainz, Freiburg, sampai akhirnya ke Skotlandia membela Celtic. Saat ini, Cha bermain untuk FC Seoul sejak 2013.


"Dia lebih cepat daripada bola. Dia memberikan segalanya untuk tim nasional dan dia pantas mendapatkan hormat," ujar kapten Korsel saat ini, Ki Sung-yueng, seperti dilansir
Reuters
. (one)



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya