Kualifikasi Piala Eropa 2016

Inikah Dalang di Balik Keterpurukan Belanda?

Dua pemain Belanda, Robin van Persie dan Wesley Sneijder
Sumber :
  • REUTERS/Umit Bektas
VIVA.co.id -
Draxler Terancam Tak Ikut ke Piala Eropa 2016
Hasil buruk kembali dituai Belanda saat menghadapi Turki dalam lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2016, Grup A, Minggu 6 September 2015. Dalam duel yang digelar di Buyuksehir Torku Arena Stadium tersebut,
Belanda dihajar 3 gol tanpa balas.

Timnas Prancis Tanpa Benzema di Piala Eropa 2016
Tak cuma kalah, Belanda menampilkan permainan yang sangat buruk.
Cedera, Kiper Timnas Italia Batal Ikut ke Piala Eropa 2016
Koordinasi antarpemain di lini belakang sama sekali tak terlihat.

Barisan gelandang De Oranje sama sekali tak mampu mengatur irama permainan. Selain itu, para pemain depan kesulitan untuk mendobrak pertahanan Turki.


Situasi ini membuat publik Belanda gerah. Banyak yang menilai performa buruk Belanda disebabkan oleh tidak becusnya Danny Blind dalam memimpin Wesley Sneijder dan kawan-kawan.


Beberapa orang tak sepakat dengan opini ini. Bahkan, beberapa surat kabar Negeri Kincir Angin justru menilai dalang di balik keterpurukan Belanda di ajang kualifikasi Piala Eropa 2016 adalah Sekretaris Jenderal KNVB, Bert van Oostveen.


Ya, Bert memang berpengaruh besar dalam penunjukan Danny di kursi kepelatihan timnas Belanda. Atas sarannya, KNVB mengangkat ayah dari bek Manchester United, Daley Blind, tersebut sebagai juru taktik timnas Belanda.


"Saya tak yakin kalau dia (Danny) adalah pilihan yang buruk untuk pekerjaan ini. Saya sendiri mendukung kinerja pelatih dan staf di Timnas," kata Bert seperti dilansir
Telegraaf
.


"Kasus ini sebenarnya tak berpengaruh pada pemikiran tentang kapasitas saya di jabatan sekarang. Saya pikir memang tak perlu. Tapi, setidaknya ada pikiran untuk mempertimbangkannya," lanjut dia.


Kekalahan dari Turki membuat Belanda (10 poin) kini ada di posisi 4, digusur Turki (12 poin) yang bertengger di posisi 3 klasemen sementara Grup A. Dan, seiring dengan kemenangan Republik Ceko dan hasil imbang Islandia, tiket lolos otomatis sebagai juara grup dan
runner-up
dipastikan lepas dari Turki dan Belanda.


Satu-satunya harapan Belanda lolos ke Prancis, yaitu dengan menempati peringkat 3 untuk melakoni
playoff
. Demi mencapai target tersebut, mereka harus meraih kemenangan pada dua laga sisa. Dan di pertandingan lain, Turki menorehkan hasil yang buruk. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya