Ini Harapan Besar Vietnam Usai Gagal di Piala AFF 2016

Striker Vietnam, Nguyen Chong Puong.
Sumber :
  • VNExpress

VIVA.co.id – Meski gagal merebut gelar juara di ajang Piala AFF 2016 lalu, namun ada 2 pencapaian besar yang justru kini menjadi kebanggaan bangsa Vietnam. Ya, dalam pembinaan prestasi sepakbola, negara itu tampaknya tengah menyimpan amunisi tangguh di masa depan.

Timnas Indonesia 'Gendong' Asia Tenggara di Semifinal Piala Asia U-23

Seperti yang diketahui, timnas senior Vietnam harus tersingkir di fase 4 besar Piala AFF 2016 oleh Indonesia usai kalah agregat 3-4 pada dua leg semifinal. Namun, kegagalan itu ternyata tak terlalu melukai hati pendukung The Golden Star dimana 2 timnas mereka lainnya justru berjaya di tingkat dunia.

Vietnam berhasil meloloskan timnas futsal mereka ke ajang Piala Dunia Futsal di Kolombia pada akhir September 2016. Bersama Thailand, Vietnam menjadi wakil Asean yang tembus ke kompetisi futsal bergengsi tersebut.

Media Asing Sebut Penampilan Timnas Vietnam Jauh di Bawah Indonesia: Sangat Kontras

Tak hanya itu, Vietnam juga sukses mengirim pasukan mudanya dalam Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung 20 Mei – 11 Juni 2017 mendatang, usai tampil sebagai semifinalis pada AFC U-19 Championships 2016.

Melihat pencapaian tersebut, Presiden Federasi Sepakbola Vietnam (VFF), Le Hung Dzung menyatakan harapan besarnya. “Kami mempunyai kebanggan akan performa dua wakil kami yang berlaga di kancah dunia pada 2016 lalu,” ujar Dzung, dilansir situs resmi FIFA.

M Tahir Mendunia! Sampai Diangkat Media Vietnam, tapi Netizen Salfok ke Rizky Ridho

"Hal ini mencerminkan upaya serius VFF untuk membawa level persaingan tim kami ke jajaran elit Asia dan dunia. Selain itu, kualifikasi untuk dua turnamen FIFA itu (futsal dan U-20) menunjukkan bahwa kita telah efektif melakukan pembinaan jangka panjang," ujarnya menambahkan.

Vietnam memang dikenal sebagai negara Asean yang sangat serius membina prestasi tim sepakbolanya. Selain pernah menjuarai Piala AFF 2008, Vietnam juga pernah menembus 8 besar Piala Asia 2007.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya