Kenapa Bisa Bobotoh Jadi Suporter Terbaik Piala Presiden?

Ilustrasi Bobotoh Persib.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Sebuah hasil mengejutkan muncul dalam pengumuman penghargaan Piala Presiden 2018. Suporter Persib Bandung, Bobotoh, dinobatkan sebagai yang terbaik dalam turnamen ini.

Makna Mendalam Selebrasi Ala Dragon Ball dari Stefano Beltrame

Terbilang kontroversial, karena sebenarnya perilaku Bobotoh sempat disorot. Persib pun kena getahnya dengan didenda oleh Organizing Committee, karena perilaku Bobotoh dianggap melanggar Kode Disiplin Piala Presiden 2018.

Perdebatan di dunia maya juga sangat kencang. Di jagat twitter saja, banyak yang berdiskusi terkait kelayakan Bobotoh menjadi juara Piala Presiden.

Ada Agenda FIFA Matchday, Persib Bandung Libur 3 Hari

Ketua Steering Committee Piala Presiden, Maruarar Sirait, angkat bicara soal keputusan ini. Menurut Ara, wajar jika ada pihak yang merasa heran dengan penunjukan Bobotoh sebagai suporter terbaik.

"Ada yang pertanyakan, itu wajar. Tapi, ada pertimbangannya," ujar Ara saat ditemui di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu 17 Februari 2018.

David da Silva Makin Ganas, Top Scorer Liga 1 di Depan Mata

Ara menuturkan, sebenarnya ada tiga kelompok suporter yang jadi nominator. Mereka adalah Bobotoh, Aremania, dan Bonek.

Perjalanan ketiga suporter ini, disebut Ara, disaksikannya secara langsung. Dia melihat ketiga suporter ini bisa memberikan pemandangan yang sangat menyejukkan hati.

"Aremania dan Bonek berkumpul di Solo. Tapi, mereka bisa menjaga ketertiban. Lalu, suporter Persib bisa mengendalikan diri saat timnya kalah," terang Ara. (one)

Pemain Timnas Indonesia, Marc Klok (kiri) dan Shayne Pattynama (kanan)

Kondisi Tidak Ideal, Marc Klok Siap Tempur Lawan Timnas Vietnam

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok, mengaku senang bisa kembali bergabung dengan Timnas Indonesia untuk menghadapi Timnas Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024