Cegah Virus Corona, Penonton Persebaya Vs Persipura Diperiksa Ketat

Pemain Persipura Jayapura merayakan kemenangan di hadapan suporter.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adwit B Pramono/wsj.

VIVA – Wabah virus Corona atau COVID-19 semakin mengganas di sejumlah penjuru dunia. Beberapa kompetisi top Eropa sampai harus dihentikan, termasuk Serie A dan LaLiga.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Di Indonesia, kompetisi Liga 1 masih berlangsung meskipun ada virus Corona. Namun, tentunya ada pemeriksaan ketat terhadap penonton yang bakal menyaksikan laga di stadion.

Hal ini terlihat dalam duel Persebaya Surabaya melawan Persipura Jayapura di Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Jawa Timur, Jumat, 13 Maret 2020. Panitia menyediakan berbagai peralatan antisipatif sehingga pertandingan berjalan steril. 

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Bek Persebaya Surabaya, Hansamu Yama Pranata.

Manajemen Persebaya dan panitia menyiapkan thermal detector di setiap pintu masuk GBT untuk mengecek suhu tubuh. Semua penonton, tak terkecuali manajemen dan pemain, dicek suhu tubuhnya terlebih dahulu sebelum memasuki GBT. 

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

"Alat pendektesi suhu tubuh yang akan disebar di pintu masuk sebagai bentuk pencegahan virus corona," kata Sekretaris Persebaya, Ram Surahman, Kamis, 12 Maret 2020. 

Tak hanya itu, panitia juga melakukan pembersihan stadion dengan menyemprotkan cairan disinfektan, yaitu cairan zak kimia untuk membunuh kuman di ragam benda di dalam stadion, sebelum GBT disesaki penonton dan pertandingan dimulai. 

"Jam 10.00 WIB akan ada penyemprotan disinfektan di beberapa spot," jelas Ram. 

Panitia juga menyiapkan ruang isolasi di GBT yang digunakan jika sewaktu-waktu ditemukan adanya manajemen, pemain, maupun penonton yang suhu tubuhnya di atas 38 derajat dan diperlukan penanganan awal.

"Semua akan kami cek, termasuk para pemain asing. Kita tidak akan abai terhadap masalah seperti ini," ucap Ram. 

Sebelum pertandingan dimulai, direncanakan pula aksi kampanye cegah Corona dan bagi-bagi masker. Suporter Persebaya Surabaya, Bonek Mania, dan seluruh penonton akan diajak bersama-sama untuk melakukan kampanye kesehatan tersebut. "Tapi kami akan melihat teknis di lapangan besok seperti apa," ujar Ram.

Baca juga

Jadwal Siaran Langsung Liga 1 Hari Ini, Persebaya Tantang Persipura

2 Pertemuan Tak Tersentuh Persipura, Persebaya Enggan Tepuk Dada

Bomber Persija Putri Ngegym Pakai Sport Bra, Seksi Banget!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya