RD Bukan Satu-satunya Calon Pengganti McMenemy di Timnas

Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy
Sumber :
  • Hafidz Mubarak A

VIVA – Kualitas Simon McMenemy mulai dipertanyakan setelah Timnas Indonesia menelan dua kekalahan beruntun di kandang dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2020. Laskar Merah Putih yang tergabung di Grup G, dipermalukan Malaysia 2-3 dalam laga perdana di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta 5 September 2019. Lima hari kemudian di tempat yang sama, Indonesia dibantai Thailand 0-3.

Terpopuler: Timnas Indonesia Vs Uzbekistan Diulang, 2 Pengakuan Shin Tae-yong

Dalam kekalahan Indonesia dari Thailand, suporter beramai-ramai meneriakan 'Simon Out' berulang kali. Bahkan, tagar #SimonOut menjadi trending topic di media sosial Twitter beberapa hari lalu.

Situasi ini menjadi perhatian khusus bagi Komite Eksekutif (Exco) PSSI. Dalam waktu dekat mereka bakal melakukan evaluasi terkait performa pelatih asal Skotlandia itu.

Dukungan Rp23 Miliar dari Para Pengusaha untuk Timnas U-23 yang Menginspirasi

Seiring dengan mulai goyahnya posisi Simon di kursi pelatih Timnas Indonesia, sejumlah nama muncul ke permukaan. Nama-nama tersebut dinilai layak untuk menerima tongkat estafet dari Simon.

Pelatih TIRA Persikabo, Rahmad Darmawan

Kesal ke Wasit Shen Yinhao, STY: Dia Harus Dipecat dari Sepakbola

Yang paling deras adalah nama Rahmad Darmawan. Pelatih Tira Persikabo itu disebut-sebut sangat mengerti dengan kondisi Skuat Garuda. Apalagi, RD, sapaan akrabnya, telah makan asam garam di sepakbola Indonesia.

Namun, ternyata RD bukan satu-satunya yang digosipkan untuk menggantikan Simon. Hal itu dibenarkan anggota Exco PSSI, Refrizal. Hanya saja, dia belum mau membuka siapa nama sosok tersebut.

Refrizal mengatakan, sebelum terpilihnya Simon pada Desember 2018 lalu, ada beberapa nama pelatih yang menjadi kandidat. "Ya, namanya sudah ada juga sebelum Simon dipilih. Kandidat-kandidat ada beberapa bukan Simon saja. Tapi, nanti saya kasih tahu," kata Refrizal kepada wartawan, Senin 16 September 2019.

Lebih lanjut, Refrizal mengatakan dipilihnya Simon saat itu menjadi pelatih Timnas lantaran prestasinya paling oke daripada kandidat lainnya. Eks pelatih Filipina itu berhasil membawa Bhayangkara juara Liga 1 2017. "Kebetulan di rangking dia paling tinggi karena bahwa Bhayangkara juara," jelasnya.

Sementara isu yang berkembang kandidat selain RD adalah pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago. Sebelumnya, Simon, RD, dan Jacksen memang masuk bursa calon pelatih Timnas Indonesia saat Luis Milla diberhentikan pada Agustus 2018 dan digantikan asistennya, Bima Sakti. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya