Menang Besar Lawan Filipina, Timnas U-16 Masih Banyak Kekurangan

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti (tengah)
Sumber :
  • VIVAnews / Robbi Yanto

VIVA – Timnas Indonesia U-16 mengawali kualifikasi Piala AFC U-16 di Grup G dengan gemilang. Garuda Asia berhasil meraih kemenangan 4-0 kontra Filipina di Stadion Madya, Senayan, Senin 16 September 2019.

Putra Darius Sinathrya dan Donna Agnesia Ikut Seleksi Timnas Indonesia U-16: Kehormatan Besar

Gol-gol kemenangan Timnas U-16 dicetak Ahmad Athallah Araihan (37'), Marselino Ferdinan (46'), Alfin Farhan Lestaluhu (52'), dan Wahyu Agong Drajat di menit ke-78.

Sejatinya, Timnas U-16 bisa menang lebih dari empat gol. Pasalnya, sepanjang laga, mereka tampil dominan. Puluhan peluang juga berhasil mereka ciptakan. Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti mengakui hal itu. Dia menyebut pemainnya banyak membuang peluang. 

Dorong Regenerasi Pemain Sepak Bola, BRI Beri Apresiasi Timnas U-16

"Pertandingan pertama memang selalu sulit dan masalah kami memang di penyelesaian akhir. Saya sudah sampaikan kepada pemain, khususnya striker. Apabila posisi dia sulit harus dapat berubah peran. Dia harus menjadi tembok dan memantulkan bola," kata Bima selepas pertandingan.

Dalam pertandingan tadi, Bima juga sudah mengubah strategi dengan melakukan penyerangan dari sisi sayap. Kecepatan dari Raka Cahyana Rizky dan Elvateeh Varesia menjadi pilihan untuk mengacaukan pertahanan Filipina.

Dorong Regenerasi Pemain Sepak Bola, BRI Berikan Apresiasi Timnas U-16

"Saya sudah bilang kepada pemain jangan mempersulit diri sendiri. Kalau tidak bisa dari sisi kanan, bisa berubah ke kiri. Saya harap pertandingan selanjutnya mereka bisa lebih aktif lagi," jelas Bima.

Meski demikian, Bima tetap mengapresiasi perjuangan Marcell Januar cs yang tak kenal lelah. Apalagi, pemainnya sedikit grogi lantaran bermain di depan ribuan suporter.

"Alhamdulillah, kami harus mensyukuri hasil ini. Tapi, pemain jangan cepat jemawa karena masih ada tiga pertandingan lagi," ucapnya.

Bagi Timnas U-16, kemenangan ini membuat mereka menempati posisi kedua klasemen sementara Grup G. Posisi puncak masih ditempati China yang mengalahkan Brunei Darussalam tujuh gol tanpa balas.

Selanjutnya, di stadion yang sama, Timnas U-16 akan menghadapi Kepulauan Mariana Rabu 18 September 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya