Ditekuk China, Fakhri Husaini Punya Alasan Kekalahan Timnas U-19

Duel Timnas U-19 vs China dalam laga uji coba.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/hp.

VIVA – Hasil negatif harus diterima tim nasional Indonesia U-19 saat takluk 1-3 dari China U-19 dalam laga persahabatan kedua yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Minggu 20 Oktober 2019. Ini menjadi laga pembalasan sempurna bagi skuat muda Negeri Tirai Bambu yang dalam laga pertama sebelumnya di Surabaya ditekuk Bagus Kahfi cs dengan skor serupa, 3-1.

Usai 2 Kali Imbangi China, Indra Sjafri Ungkap Program Selanjutnya Timnas Indonesia U-20

Pelatih Fakhri Husaini mengatakan, kalau hasil di laga kedua antara timnya melawan China U-19, merupakan situasi berbeda. “Skor 1-3 ini tentu bukan hasil yang kami harapkan meskipun ini laga uji coba. Kami kalah dalam situasi yang berbeda di laga pertama,” ungkap Fakhri saat konferensi pers usai laga.

Di laga kedua ini, Fakhri menurunkan tim yang berbeda dari laga pertama. “Babak pertama 11 pemain yang belum saya berikan kesempatan penuh ketika bertanding di laga pertama. Kami di bawah tekanan terutama pemain tengah yang memberi ruang begitu luas, keleluasaan pada pemain China dan melakukan adaptasi,” dia menjelaskan.

Hasil Pertandingan Uji Coba Timnas Indonesia U-20 Vs China, Gol Indah di Menit Akhir

Namun, saat Fakhri melakukan pergantian pemain saat babak kedua. Dan diyakini Fakhri bahwa timnya akan mampu bangkit.

“Babak kedua ada sedikit perubahan ketika saya mengganti Beckham. Kami bermain kembali minimal kami mampu pertahankan ritme permainan karena memiliki beberapa kesempatan juga. Sayang setelah skor 1-1, kelengahan pemain belakang terhadap servis dan free kick dan satu kesalahan yang dibuat pemain belakang membuat China mudah ciptakan gol,” jelas Fakhri.

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-20 Vs China U-20 Jilid II Malam Ini

Akhirnya, Fakhri mengatakan, hasil ini akan menjadi modalnya untuk memilih pemain terbaik guna diturunkan di Kualifikasi Piala AFC U-19 bulan November di Jakarta. “Tapi hasil ini bagus. Artinya saya bisa mengetahui kekuatan secara personal daari pemain saya, karena ini momen tepat bagi saya dan memudahkan saya memilih 23 pemain untuk AFC Cup nanti,” ujarnya.

“Sekali lagi, tim China adalah gambaran tim yang akan dilawan kami seperti Korea Utara dan Hong Kong. Ini jadi catatan kami terhadap gol-gol yang terjadi di Tmnas U-19,” tegasnya.

Di ajang Kualifikasi Piala AFC U-19 2020 di Jakarta. Indonesia tergabung di Grup K bersama dengan Korea Utara, Hongkong dan Timor Leste.

Laga pertama, Indonesia akan bertanding melawan Timor Leste pada 6 November 2019. Berikutnya, David Maulana cs berhadapan dengan Hongkong di tanggal 8 November. Terakhir, mereka akan menatang Korea Utara pada 10 November 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya