Pekan Depan, Menpora Lapor ke Jokowi soal Piala Dunia U-20

Menpora Zainudin Amali
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Menteri Pemuda dan Olahraga atau Menpora, Zainudin Amali berencana melapor kepada Presiden Joko Widodo, terkait persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Timnas Indonesia U-19 Sekarang Lebih Bagus Ketimbang Era Elkan Baggott

"Saya rencanakan minggu depan, saya akan melapor secara resmi, Menpora akan melapor kepada pak Jokowi, persiapan yang harus kita lakukan," kata Amali usai membuka Rakernas dan Rapimnas Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (Ampi) di kawasan Sudirman, Jakarta, Kamis 7 November 2019.

Politikus Partai Golkar ini menambahkan, untuk melaksanakan event sepakbola bertaraf internasional tersebut, pemerintah tak mungkin sendirian. Pemerintah harus merangkul semua stakeholder, termasuk pihak swasta.

Timnas U-19 Terbang ke Korsel, Marselino Ferdinan Tergantung Persebaya

Selain itu, mantan Ketua Komisi II DPR RI ini juga melihat friksi di PSSI sudah usai dengan terpilihnya Iwan Bule sebagai Ketua yang baru. Sehingga, PSSI akan mampu bersama pemerintah membina timnas Indonesia yang akan berlaga di Piala Dunia U-20.

"PSSI sekarang ini kita sudah selesai melaksanakan KLB (Kongres Luar Biasa) dan terpilih pak Mochamad Iriawan beserta kepengurusannya, Exco-nya sudah, dan tadi kita sudah ajak rapat dengan Komisi X," ujarnya.

Piala Dunia U-20, Shin Tae-yong Dapat Perintah Khusus dari Jokowi

Amali mengungkapkan, sebagai Menpora ia mendapat mandat langsung dari Presiden Jokowi untuk memajukan sepakbola Indonesia. Atas dasat itu, Kemenpora menggandeng semua induk olahraga yang terkait persepakbolaan di Indonesia.

"Kita memang ada perintah dari Inpres tentang perkembangan sepakbola nasional itu untuk membuat route map tentang persepakbolaan kita. Apalagi tahun 2021 kita akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, maka kita akan serius menangani itu, kita akan bareng-bareng bersama dengan PSSI dan KONI serta NOC, kita akan keroyok sama sama dan kementerian kementerian terkait," katanya.

Pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan, tak menutup kemungkinan Timnas U-19 diperkuat pemain keturuna di Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

img_title
VIVA.co.id
13 Maret 2022