Timnas Indonesia U-19 Sekarang Lebih Bagus Ketimbang Era Elkan Baggott

Latihan Timnas Indonesia U-19.
Sumber :
  • Instagram/@pssi

VIVA – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan Timnas Indonesia U-19 yang saat ini dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023 lebih bagus ketimbang era Elkan Baggott cs.

Terpopuler: Jojo Rusak Pesta China, Elkan Baggott Menggila

Hal itu ia sampaikan saat acara pelepasan pemusatan latihan, training camp (TC) Timnas U-19 ke Korea Selatan di Jakarta, Jumat 11 Maret 2022.

Timnas U-19 mulai bersiap menyongsong Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung di Indonesia pada Mei 2023 nanti. Pelatih Shin Tae-yong sudah menyusun kerangka tim yang terdiri dari 40 pemain. 

Elkan Baggott Menggila, Cetak Gol dan Bawa Bristol Rovers Pecundangi Mantan Klubnya

Mayoritas pemain yang dipanggil adalah pemain-pemain muda di klub Liga 1 dan Liga 2. Sebanyak 32 pemain telah diberangkatkan PSSI untuk menjalani TC di Korsel hingga pertengahan April 2022.

Saat acara pelepasan, Mochamad Iriawan mengatakan kepada para pemain, bahwa menurut keterangan pelatih Shin Tae-yong, tim yang saat ini lebih bagus daripada tim sebelumnya yang dipersiapkan untuk Piala Piala Dunia U-20 2021 yang akhirnya batal digelar karena COVID-19.

Pengakuan Shin Tae-yong Usai Jordi dan Elkan Baggott Tak Bisa Main Lawan Vietnam

Oleh karenanya, Iriawan meminta para pemain untuk membuktikan diri selama pemusatan latihan nanti.Dia berharap, Timnas U-19 bisa meraih hasil gemilang di uji coba selama melakoni pemusatan latihan.

"Jangan takut, lawan mereka. Mental harus kuat. Kalian lebih bagus dari yang kemarin, U-19 kemarin bukan jelek, tapi kalian lebih baik. Mereka di TC Kroasia hanya sekali kalah," kata Iriawan.

Lebih lanjut, Iriawan juga meminta para pemain untuk menjalani TC dengan serius dan bertanggung jawab. Sebab, biaya pemusatan latihan dibiayai lewat Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). 

“Kalian memang pantas untuk lakuan uji coba keluar. Jadi rakyat menanggung. Artinya apa, hanya satu permintaan publik, saya, dan Menpora kalian berlatih dengan serius,” ucap Iriawan.

"Jangan macam-macam, disiplin, mentalnya bagus, fisiknya digenjot, dari seratus juta hanya 32 orang yang berangkat untuk TC ini," jelasnya.

Piala Dunia U-20 sejatinya dijadwalkan bergulir pada 2021 lalu. Shin Tae-yong juga sudah menyiapkan tim untuk ajang itu. Beberapa pemain di antaranya ada Elkan Baggott, Pratama Arhan, David Maulana, Brylian Aldama, Beckham Putra.

Namun, musibah datang. FIFA memutuskan untuk menggeser Piala Dunia U-20 2021 ke 2023. Keputusan itu diambil lantaran dunia saat itu dilanda pandemi COVID-19.

Nama-nama di atas sudah tidak lagi masuk skuad karena usia mereka sudah melebihi batas maksimal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya