Kalahkan Persija, Badak Lampung Belum Beranjak dari Zona Degradasi

Pemain Perseru Badak Lampung FC rayakan gol.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ardiansyah/hp.

VIVA – Persija Jakarta bertamu ke kandang Perseru Badak Lampung FC dalam lanjutan pertandingan pekan ke-31 Liga 1 2019 di Stadion Sumpah Pemuda, Bandar Lampung, Minggu 8 Desember 2019. Dalam laga tersebut, Badak Lampung sukses meraup poin penuh di kandang sendiri.

Persib Bandung Waspadai Kekuatan Lini Depan MU

Selepas kick off, kedua tim menampilkan tempo yang tidak begitu cepat. Badak Lampung dan Persija cukup hati-hati dalam membaca permainan.

Badak Lampung yang butuh poin penuh coba mengambil inisiatif penguasaan bola. Namun, pertahanan disiplin yang dibangun skuat Macan Kemayoran membuat upaya Badak Lampung kerap kandas.

Gol Menit Akhir PSIS Buyarkan Kemenangan Bhayangkara FC

Pada menit ke-18, wasit menghentikan laga akibat tribun selatan Stadion Sumpah Pemuda tidak kondusif karena penonton membludak.

Setelah tertunda hampir 25 menit, wasit kembali melanjutkan pertandingan setelah mendapat jaminan dari pihak keamanan. Wasit pun sepakat dengan kedua kaptan tim bahwa pertandingan dilanjutkan lagi mulai dari menit 18.

Persija Dilanda Kelelahan Jelang Hadapi Tira Persikabo

Usai kembali dilanjutkan, Persija memperoleh peluang pada menit 23. Akan tetapi, tembakan kaki kanan yang dilepaskan Novri Setiawan masih bisa ditinju oleh kiper Badak Lampung.

Satu menit kemudian, giliran Fachrudin Aryanto yang mempunyai kesempatan. Sayangnya, sundulan Fachrudin masih bisa dhalau dengan sigap oleh Bojan Malisic.

Di menit 38, Macan Kemayoran kembali mendapatkan peluang. Namun, sepakan kaki kiri yang dieksekusi Rachmad Hidayat belum bisa merobek gawang Laskar Saburai.

Dalam waktu yang tersisa di babak pertama, kedua tim saling berbalas serangan. Akan tetapi, hingga wasit meniup peluit panjang tanda turun minum, skor 0-0 masih menghiasi duel antara Badak Lampung versus Persija.

Pada babak kedua, Badak Lampung coba menambah daya gedor dengan memasukkan Hariyanto Panto. Sedangkan Persija masih menerapkan ritme yang sama seperti babak pertama.

Persija baru mendapatkan peluang pada menit 52 melalui pergerakan Riko Simanjuntak. Namun, penyelesaian akhir yang dilepaskan Riko masih melayang di atas gawang Yoewanto Setya Beny.

Dua menit kemudian, Badak Lampung sukses mengoyak gawang Persija. Adalah tandukkan Arthur Bonai yang berhasil merobek gawang Andritany Ardhiyasa setelah menerima umpan sepak pojok dari Fernandinho. 

Persija langung merespons pada menit 56. Sayangnya, usaha yang dilakukan Rachmad Hidayat masih bisa dipatahkan oleh barisan pertahanan Badak Lampung.

Badak Lampung hampir saja menambah keunggulan pada menit 63. Akan tetapi, tendangan mendatar yang dilepaskan oleh Akbar Tanjung masih bisa diantisipasi kiper Persija.

Gol kedua Badak Lampung akhirnya terwujud pada menit 64. Memanfaatkan kemelut di dalam kotak penalti Persija, Antony Golec dengan tenang berhasil menyontek bola yang tak bisa dibendung oleh Andritany.

Tertinggal dua gol, Persija coba melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Marko Simic menggantikan Ramdhani Lestaluhu pada menit 68.

Pada menit 73, Badak Lampung nyaris mencetak gol ketiga. Namun, sepakan kaki kiri Fernandinho memanfaatkan kesalahan Tony Sucipto masih ditangkap oleh Andritany.

Dua menit kemudian, giliran Persija yang memiliki peluang lewat situasi bola mati. Akan tetapi, eksekusi yang diambil Marko Simic bisa dipatahkan oleh pagar hidup yang dibangun skuat Badak Lampung.

Menit 82, Persija hampir saja memperkecil kedudukan lewat aksi Bambang Pamungkas. Sayangnya, sundulan maut yang dilepaskan Bambang Pamungkas masih bisa dimentahkan oleh Yoewanto Setya Beny.

Dua menit berselang, Bambang Pamungkas kembali memperoleh peluang. Namun, tandukkan Bambang menyambut umpan Novri Setiawan masih melambung tipis di atas mistar gawang Badak Lampung.

Di sisa waktu yang ada, Persija terus melancarkan serangan sporadis ke pertahanan Badak Lampung demi memperkecil kedudukan. Sayangnya, sejumlah yang didapat gagal dikonversi menjadi gol.

Hingga 90 menit pertandingan, Badak Lampung sukses mengunci tiga poin setelah mengalahkan Persija dengan skor akhir 2-0.

Atas hasil ini, Badak Lampung tetap berada di zona degradasi alias peringkat 16 dengan perolehan 33 poin. Sedangkan Persija tertahan di urutan ke-12 dengan koleksi 38 poin.

Susunan pemain

Badak Lampung FC: Yoewanto Setya Beny (GK); Bojan Malisic, Antony Golec, Saepuloh Maulana (Hariyanto Panto 46'), Reva Adi Utama (Frengky Kogoya 87'), Marquinhos Carioca, Kurniawan Karman (Kelvin Wopi 62'), Suhandi, Akbar Tanjung, Fernandinho.

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa (GK); Tony Sucipto, Xandao, Fachrudin Aryanto, Ramdhani Lestaluhu (Marko Simic 68'), Rohit Chand, Sandi Sute, Rachmad Hidayat (Fitra Ridwan 80'), Riko Simanjuntak, Heri Susanto (Bambang Pamungkas 80').

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya