Xandao Gemilang, Persija Akhiri Musim dengan Kemenangan

Para pemain Persija rayakan gol.
Sumber :
  • Dok. Media Persija

VIVA – Persija Jakarta berhasil menutup Liga 1 2019 dengan manis setelah merebut kemenangan saat bertandang ke markas Kalteng Putra di Stadion Tuah Pahoe, Sabtu 21 Desember 2019. Xandao jadi pahlawan dengan torehan dua golnya di laga ini.

Pengalaman Langka Maman Abdurrahman Main Bareng Sang Putra di Persija Jakarta

Tim tuan rumah yang sudah terdegradasi memilih untuk tetap tampil menyerang. Itu terlihat dari gelombang serangan yang mereka lancarkan sejak awal pertandingan.

Kalteng memiliki sejumlah peluang di babak pertama. Salah satunya dari kaki Michael Rumere di menit 35. Sepakannya dari luar kotak penalti yang memanfaatkan situasi sepak pojok masih menyamping di sisi kiri gawang Persija.

Thomas Doll Khawatir Cuaca Panas Jakarta Pengaruhi Persija Vs PSIS

Persija terlihat kesulitan untuk menembus pertahanan lawan. Serangan dari sisi sayap tak berjalan dengan mulus sehingga membuat babak pertama berakhir imbang tanpa gol.

Minim peluang di babak pertama, Macan Kemayoran langsung tampil menggebrak di awal babak kedua. Hasilnya, gol pun lahir empat menit babak kedua berjalan.

PSIS Semarang Enggak Mau Gegabah Hadapi Persija

Xandao berhasil menyambut bola umpan sepak pojok yang dieksekusi Ismed Sofyan dan mengarahkan bola ke pojok kiri gawang. Kiper Kalteng, Dimas Galih, hanya terpaku melihat bola menembus gawangnya.

Empat menit berselang, giliran Bambang Pamungkas yang memberikan ancaman. Juga dengan tandukan. Sayang, sundulannya masih lemah dan dapat diantisipasi oleh Dimas Galih.

Petaka bagi Sandi Sute cs muncul di menit 70. Patrich Wanggai yang sedari awal menjadi momok bagi lini belakang Persija kembali mengacak-acak pertahanan di dalam kotak penalti. Pergerakannya menghadirkan kemelut yang berhasil dimanfaatkan Takuya Matsunaga untuk membobol gawang Shahar Ginanjar.

Pasukan Edson Tavares kembali tersenyum tiga menit jelang waktu normal berakhir. Kevin Gomes tertangkap melakukan handsball di kotak terlarang sehingga wasit menghadiahkan penalti pada Macan Kemayoran.

Tak adanya Marko Simic membuat Xandao yang mengambil tanggung jawab sebagai eksekutor. Dia mengarahkan bola ke sisi kiri gawang dan mencetak gol keduanya di laga ini.

Ramdani Lestaluhu membuat Persija menutup laga ini dengan kemenangan 3-1 usai merobek gawang Dimas Galih di masa injury time.

Tambahan tiga poin membawa Persija sementara naik ke peringkat 10 dengan torehan 44 poin. Sedangkan Kalteng finis sebagai juru kunci Liga 1 lantaran hanya mengumpulkan 31 poin.

Susunan Pemain

Kalteng Putra: Dimas Galih (PG); O.K. John, Abanda Rahman, Wasyiat Hasbullah, Kevin Gomes, Takuya Matsunaga, Yan Pieter Nasadit, Michael Rumere, Dendi Maulana (Bhudiar Riza 56'), Dadang Apridianto, Patrich Wanggai (Pandi Lestaluhu 72').

Persija Jakarta: Shahar Ginanjar (PG); Ismed Sofyan, Tony Sucipto, Xandao, Fachruddin Aryanto, Rohit Chand, Sandi Sute, Rachmad Hidayat, Fitra Ridwan (Ramdani Lestaluhu 71'), Heri Susanto (Taufik Hidayat 72'), Bambang Pamungkas (Riko Simanjuntak 55').

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya