Timnas Indonesia U-19 ke Kroasia, Kedatangan Elkan Baggott Dinanti

Latihan Timnas Indonesia U-19
Sumber :
  • pssi.org

VIVA – Timnas Indonesia U-19 sudah pasti akan berangkat ke Kroasia guna menjalani pemusatan latihan. Skuad asuhan Shin Tae-yong bakal ditempat secara maksimal agar semakin mantap ketika mentas di Piala Asia U-19 2020.

Terpopuler: Jojo Rusak Pesta China, Elkan Baggott Menggila

Kemungkinan akan ada 30 pemain yang dibawa Tae-yong menuju Kroasia. Komposisi inilah yang akan dia pertahankan sampai nanti tampil di Piala Asia U-19.

(Baca juga: Jalan Gelap Kedatangan Pemain Muda Brasil ke Indonesia)

Elkan Baggott Menggila, Cetak Gol dan Bawa Bristol Rovers Pecundangi Mantan Klubnya

Dikatakan pelatih asal Korea Selatan itu, mereka akan berangkat ke Kroasia pada akhir Agustus 2020 ini. Dari sana, mereka akan terbang ke Uzbekistan karena pada 14 Oktober 2020, Piala Asia U-19 bergulir.

"Hampir 30 pemain dibawa ke Kroasia. Kemungkinan berangkat antara 27 sampai 30 Agustus. Kita kembali lagi ke Indonesia sampai Piala Asia berakhir," tutur Tae-yong.

Mantan Kapten Timnas Indonesia U-19, Nurhidayat Gabung Klub Filipina

Kroasia dipilih menjadi lokasi pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 adalah kejutan. Sebab, sebelumnya cuma ada dua negara yang kerap dikaitkan, yakni Korea Selatan dan Belanda.

Rupanya Kroasia lebih ramah dikunjungi Timnas Indonesia U-19 di masa pandemi COVID-19 ini. Mereka tidak perlu menjalani isolasi mandiri selama dua pekan.

(Baca juga: Jangan Padamkan Semangat Pemain Muda Indonesia)

Ditambah lagi, Tae-yong tertarik dengan sebuah turnamen kecil yang akan digelar di sana. Ada tim berkualitas bagus yang bisa jadi lawan uji coba.

"Pertama karena tidak ada isolasi mandiri di sana dan ada turnamen kecil. Ada tim bagus yang akan datang ke Kroasia," katanya.

Lawan uji coba yang bagus memang menjadi tujuan utama Tae-yong sejak lama. Itu mengapa dia ngotot untuk menggelar pemusatan latihan di luar negeri.

Di antara sejumlah pemain yang diproyeksikan ikut ke Kroasia, ada nama Elkan Baggott. Dia sempat ikut pemusatan latihan di Jakarta pada 7 Agustus 2020, lalu dipulangan ke klub asalnya, Ipswich Town.

(Baca juga: Menjaga Pemain Muda Indonesia)

Tae-yong masih ingin pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu ikut ke Kroasia. Saat ini prosesnya, Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri yang berkirim surat kepada Ipswich Town untuk meminta izin.

"Jadi dari pihak PSSI sudah minta tolong kepada Indra untuk membuat surat kepada klub Elkan agar bisa ikut pemusatan latihan ke Kroasia," ujar Tae-yong.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya