Timnas U-19 TC di Spanyol atau Korea? Ini Kata Indra Sjafri

Indra Sjafri bersama Shin Tae-yong
Sumber :
  • pssi.org

VIVA – PSSI belum memutuskan secara pasti lokasi pemusatan latihan (TC) untuk Timnas Indonesia U-19 selanjutnya. PSSI maunya kembali mengirim David Maulana cs berlatih di Eropa.

Indra Sjafri Ungkap Kabar Baik Usai Timnas Indonesia U-20 Hadapi China

Belanda awalnya menjadi tujuan utama. Selain tedapat sejumlah tim-tim tangguh untuk uji coba, di Belanda juga ada sejumlah pemain keturunan yang direncanakan bakal dipanggil.

Sayangnya, Belanda hingga saat ini belum memberikan jawaban. PSSI pun sudah menyiapkan plan A dan plan B. Plan A mengirim Timnas U-19 ke Spanyol, Plan B ke Korea Selatan.

Usai 2 Kali Imbangi China, Indra Sjafri Ungkap Program Selanjutnya Timnas Indonesia U-20

Photo :
  • VIVA / Robbi Yanto

Skenario terburuk, tak menutup kemungkinan juga PSSI memilih Timnas U-19 berlatih di Indonesia saja. Opsi itu akan diambil jika menemui kesulitan untuk mengirim Timnas U-19 ke luar negeri.

Hasil Pertandingan Uji Coba Timnas Indonesia U-20 Vs China, Gol Indah di Menit Akhir

Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri mengatakan, pihaknya masih mempertimbangkan plus minus dari rencana itu. Dalam dua hari ke depan, PSSI akan menentukan destinasi selanjutnya untuk Timnas U-19.

Menurut Indra, dalam situasi pandemi COVID-19 seperti saat ini, perlu pemikiran yang matang dan rencana cadangan untuk menggelar TC di luar negeri.

“Dalam satu dua hari ke depan akan di-update oleh PSSI terkait dengan lokasi TC. Saat ini masih pararel. Kami antara Korea Selatan dan Spanyol," kata Indra di kawasan Sentul, Kab. Bogor, Kamis 19 November 2020.

"Sekarang masa pandemi ini kami tidak bisa ada plan A saja, harus ada B, C, dan seterusnya. Kecuali normal, kami bisa langsung tentukan," sambungnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI mengatakan, Spanyol dan Korea telah memberikan lampu hijau kepada Timnas U-19 untuk menggelar TC.

Namun, PSSI belum mantap mengirim pemain ke Korsel lantaran ada karantina 14 hari yang diberlakukan pemerintah setempat. 

Photo :
  • PSSI

"Sementara Spanyol bisa langsung latihan, kalau Korea sementara situasi suhu terus menurun dikhawatirkan masuk bulan Desember sudah masuk 0 (derajat). Tapi kalau Spanyol mungkin 21 derajat," kata Iriawan.

"Kami masih menunggu perkembangan kepastian dari Spanyol, karena kalau ke Korea kami tidak bisa melihat pemain baru, pemain luar yang ada keturunan Indonesia," jelasnya.

Timnas U-19 sejak 13 November menggelar TC di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta. Latihan bakal berlangsung hingga 23 November 2020.

Adapun TC ini sebagai persiapan menghadapi Piala AFC U-19 2020 yang rencananya akan digelar bulan Maret 2021 mendatang di Uzbekistan. 

Selain itu, Garuda Muda akan berlaga di ajang bergengsi yakni Piala Dunia U-20 yang akan digelar di Tanah Air.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya