Profil Gamba Osaka, Klub Jepang yang Diperkuat Ricky Yacobi

Momen striker legendaris Timnas Indonesia, Ricky Yacobi, cetak gol indah
Sumber :
  • Istimewa / Medan Selection

VIVA – Sepakbola Indonesia tengah berduka. Striker legendaris Timnas Indonesia, Ricky Yacobi tutup usia pada Sabtu pagi, 21 November 2020, karena serangan jantung saat sedang bermain sepakbola bersama rekan-rekannya di Lapangan ABC, kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Bersamaan dengan meninggalnya Ricky, banyak yang penasaran dengan sosok yang pemain yang membawa Indonesia menyabet medali emas SEA Games 1987 tersebut. Salah satunya mengenai klub Jepang yang diperkuatnya, Gamba Osaka.

Ricky tercatat sebagai pemain Gamba Osaka pada 1988. Saat itu, Gamba masih berstatus klub amatir yang memiliki nama Matsushita Electric Industrial Co., Ltd.

Justin Hubner Turut Andil dalam Kemenangan Cerezo Osaka Atas Morioka

Saat Ricky datang, Matsushita berstatus sebagai klub promosi di Japan Soccer League, kompetisi amatir kasta teratas di Jepang. Ricky gagal beradaptasi dan hanya tampil enam kali dengan torehan satu gol.

Matsushita sendiri hanya mampu finis di posisi ke-10 Japan Soccer League 1989/90. Mereka hanya unggul dua angka dari zona degradasi.

Justin Hubner Cetak Sejarah, Ragnar Oratmangoen Bernasib Tragis

Profil Matsushita/Gamba Osaka
Dilansir situs resmi klub, pada 1980 berdiri sebuah klub yang bernama Matsushita Electric Industrial di utara Osaka City. Mereka mulai berkompetisi di Japan Soccer League pada 1984.

Pada 1992 atau setahun sebelum terbentuknya J-League (kompetisi profesional di Jepang), Matsushita berganti nama menjadi Panasonic Gamba Osaka. Dan pada 1996, klub ini berganti nama menjadi Gamba Osaka yang kita kenal sekarang.

Photo :
  • abc.net.au

Sejak itu, Gamba menjadi klub yang diperhitungkan di Jepang. Mereka dua kali menjuarai J-League pada 2005 dan 2014. Gamba Osaka juga sukses merebut Liga Champions Asia 2008.

Masih di tahun 2008, Gamba Osaka tampil di Piala Dunia Klub. Hebatnya, mereka mampu merepotkan Manchester United yang masih diperkuat Cristiano Ronaldo dan Wayne Rooney.

Gamba kalah 3-5 dari MU di babak semifinal. Mereka akhirnya merebut posisi ketiga dengan menekuk Pachuca 1-0 di semifinal.

Photo :
  • VIVAbola/Anhar Rizki Affandi

Gamba Osaka juga pernah berkunjung ke Indonesia. Mereka sukses menggilas Persija Jakarta 4-0 dalam laga persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada 24 Januari 2015.

Sebelumnya, pada 2009 Gamba Osaka satu grup dengan Sriwijaya FC di Liga Champions Asia. Hasilnya, mereka menang 5-0 di Osaka dan kembali menang 3-0 di Palembang.

Baca juga: Kapten Persija Banyak Belajar dari Gamba Osaka

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya