Janji Manis Menpora, Keluhan PSSI Sudah Sampai ke Jokowi

Menpora Zainudin Amali di Kongres PSSI
Sumber :
  • VIVA / Robbi Yanto

VIVA – Menteri pemuda dan olahraga (Menpora) membuka Kongres Tahunan PSSI di Jakarta, Sabtu 29 Mei 2021.

Jokowi Hadiri Pernikahan Rizky Febian & Mahalini, Sule Ungkap Momen Mengharukan!

Dalam sambutannya, dia mengucapkan janji manis untuk mewujudkan keinginan PSSI memiliki kantor dan tempat pemusatan latihan.

Amali menyebut, keluhan PSSI itu sudah ia sampaikan kepada Presiden Joko Widodo. Dan, dia mengaku sudah mengantongi beberapa opsi terkait lokasi kantor PSSI dan tempat pemusatan latihan. 

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

Namun, Zainudin Amali menilai hal itu merupakan rencana jangka panjang dan perlu waktu untuk merealisasikan. 

"Kami sedang diskusi dengan beliau (Ketua Umum PSSI) bagaimana kira-kira. Tentu bukan hanya satu, ada beberapa opsi yang akan kami persiapkan," kata Amali.

Presiden Jokowi dan Iriana Hadir hingga Beri Karangan Bunga di Pernikahan Mahalini - Rizky Febian

"Ini bukan sesuatu hal yang satu atau dua hari bisa terwujud, tetapi niat itu sudah ada. Itu arahan Pak Presiden ke saya dan beliau," ucap Amali.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan, kantor PSSI harus berada di ibu kota, tepatnya di Jakarta Pusat. Harapannya agar tidak jauh-jauh dari Senayan dan berada dekat dengan Kemenpora.

"Ada beberapa opsi yang akan kita persiapkan. Inginnya di kota ya. Ya, tidak jauh-jauh dari Senayan, dari Kantor Kemenpora," ucap Iriawan.

Di sisi lain, Kongres PSSI 2021 menghasilkan sejumlah keputusan. Salah satu agenda adalah membahas rencana PSSI untuk musim 2021, termasuk menggelar kompetisi.

Waketum PSSI, iwan Budianto menyatakan bahwa Liga 1 2021-2022 akan digelar lengkap dengan sistem promosi dan degradasi seperti musim sebelumnya.

Bedanya, pada Liga 1 2021-2022 akan digelar terpusat di Pulau Jawa. Mencontoh turnamen pramusim, Piala Menpora 2021, Liga 1 2021-2022 akan diselenggarakan dalam sistem bubble dengan enam series. 

“Jadi kotanya ada dari DKI Jakarta-Jawa Barat, istirahat kemudian masuk ke Jawa Tengah-Jogja, kemudian masuk lagi klaster Jawa Timur istirahat dan kemudian masuk lagi DKI Jakarta-Jawa Barat lagi," kata Iwan Budianto.

"Jadi kemungkinan ada 6 series yang dilaksanakan. Target selesai Maret 2022, mulainya saja yang tadinya 3 Juli mungkin jadi 10 Juli sambil tunggu pertandingan teman-teman klub yang tampil di Piala AFC," sambungnya.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya