Keren, Indonesia adalah Pilihan Hati Elkan Baggott

Elkan Baggott resmi memiliki KTP
Sumber :
  • Komisi Wasit / Twitter

VIVA – Elkan Baggott memiliki darah Indonesia-Inggris. Darah Indonesia mengalir dari sang ibu dan sang ayah berkebangsaan Inggris.

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti

Kini, pemain Ipswich Town itu sudah memutuskan untuk menjadi warga negara Indonesi (WNI). Elkan juga sudah resmi mendapatkan e-KTP (elektronik kartu tanda penduduk) dari Dukcapil Kemendagri dan siap membela Timnas Indonesia.

Foto Elkan mendapatkan e-KTP pun viral di media sosial. Dalam foto tersebut, ditemani oleh Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri. 

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

Sementara iu, Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakhrullah, membenarkan bahwa Elkan sudah resmi menjadi WNI, dan pemain 19 tahun itu sudah mengantongi e-KTP.

Zudan menyebut, status Elkan bukan naturalisasi, karena orangtuanya WNA dan WNI, maka dia bebas menentukan pilihan. Dan menariknya, hati Elkan memilih Indonesia.

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

“Benar yang bersangkutan adalah WNI. Bukan naturalisasi karena orangtuanya WNA dan WNI, maka dia bebas memilih untuk menjadi WNA atau memilih menjadi WNI. Dalam hal ini, dia memilih menjadi WNI mengikuti KK ibunya," kata Zudan kepada wartawan.

Dipanggil Uji Coba Internasional

Setelah sempat diklaim menolak panggilan Timnas Indonesia, Elkan menegaskan dirinya sama sekali tidak menolak, melainkan karena klubnya melarang terkait situasi COVID-19. 

Baru-baru ini, Elkan menyatakan siap untuk membela Timnas Indonsia. Dan, gayung bersambut, Elkan mendapatkan panggilan dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Namanya masuk dalam daftar 26 pemain untuk menjalani TC di Jakarta dan Turki, kemudian menjalani dua laga uji coba melawan Afghanistan (16 November dan Myanmar (25 November 2021).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya