Momen saat Shin Tae-yong Jadi Lawan Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • pssi.org

VIVA – Shin Tae yong saat ini tercatat sebagai pelatih Timnas Indonesia. Pelatih 51 tahun ini diharapkan bisa membawa Indonesia menjuarai Piala AFF untuk kali pertama.

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Shin membawa Indonesia meraih kemenangan perdana di Piala AFF 2020. Skuad Garuda melibas Kamboja 4-2 di laga penyisihan Grup B di Bishan Stadium, Singapura, Kamis 9 Desember 2021.

Ternyata, Shin Tae-yong pernah tampil sebagai lawan Indonesia. Itu terjadi di Piala Asia 1996 yang berlangsung di Uni Emirat Arab.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Sebelum menjadi pelatih, Shin memang pernah berkarier sebagai pemain. Dia mencetak tiga gol dari 23 pertandingan bersama Timnas Korea Selatan dalam periode 1992 hingga 1997.

Masuk Sebagai Pemain Pengganti
Shin bertemu Indonesia sebagai lawan di laga kedua penyisihan Grup A Piala Asia, 7 Desember 1996. Dalam duel di Sheikh Zayed Stadium tersebut, Korsel mampu memetik kemenangan 4-2.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Dilansir Weltfussball, Shin baru masuk di menit 33 sebagai pemain pengganti. Saat itu, dia menggantikan Roh Sang-Rae.

Korsel sempat unggul 4-0 terlebih dahulu. Gol-gol dicetak Kim Do-hoon (5'), Hwan Sun-Hong (7', 15'), dan Ko Jeong-Woon (55').

Di menit 58, Indonesia memperkecil ketertinggalan lewat gol indah Ronny Wabia. Ronny membobol gawang Korsel yang dikawal Kim Byung-ji langsung dari sepak pojok. Widodo Cahyono Putro mencetak gol kedua untuk Indonesia di menit 65.

Pada akhirnya, Indonesia gagal lolos ke perempatfinal karena menempati juru kunci Grup A, di bawah Uni Emirat Arab, Kuwait dan Korea Selatan.

Korsel lolos sebagai peringkat ketiga terbaik. Namun, mereka dihajar Iran 2-6 di perempatfinal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya