Timnas Indonesia Terindikasi Diuntungkan Wasit, Ini Kata Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • Twitter/@PSSI

VIVA – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tak bisa menampik jika skuad Garuda diuntungkan oleh beberapa keputusan wasit pada leg kedua semifinal kontra Timnas Singapura. Tapi, keputusan tersebut dinilai sudah tepat.

Polresta Pontianak Gelar Nobar Timnas Indonesia Vs Uzbekistan, Ada Dooprize Motor

Tim Merah Putih berhasil menang telak atas The Lions pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020 yang digelar di National Stadium, Singapura, Sabtu 25 Desember 2021. Tak tanggung-tanggung, Singapura dilibas 4-2.

Ezra Walian, Pratama Arhan, dan Egy Maulana Vikri mencatatkan namanya di papan skor. Satu gol lainnya hadir dari gol bunuh diri Shawal Anuar.

Perbandingan Statistik Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Piala Asia U-23

Sementara, pasukan Tatsuma Yoshida mengoyak gawang Indonesia dua kali melalui tembakan Song Ui-young dan Shahdan Sulaiman.

Kemenangan ini tak lepas dari keputusan wasit Qasim Matar Ali Al Hatmi asal Oman yang mengeluarkan tiga kartu merah untuk Singapura. Selain itu, gol Pratama Arhan dan gol bunuh diri juga terindikasi berbau offside.

Uzbekistan Mengerikan, Shin Tae-yong: Saya Tak Pernah Kalah Lawan Mereka

Pertandingan Indonesia vs Singapura

Photo :
  • pssi.org

Tak hanya itu, Singapura juga tak mendapatkan penalti ketika Rachmat Irianto menghantam pilar The Lions di kotak terlarang. Keputusan tersebut jadi bumbu yang membuat duel ini semakin seru dan dramatis.

Bisa dibilang, kepemimpinan wasit berkali-kali dipertanyakan pada Piala AFF kali ini. Beberapa wasit menjadi sorotan. Tak hanya saat memimpin laga Indonesia versus Singapura, tapi juga partai semifinal lainnya yang mempertemukan Vietnam dengan Thailand.

Pada leg pertama, Indonesia yang menjadi korban lantaran seharusnya mendapatkan penalti setelah Ricky Kambuaya dilanggar di kotak penalti. Namun, nyatanya wasit hanya memberikan tendangan bebas.

Hal itu juga menjadi pembahasan Shin Tae-yong yang kembali menyaksikan tayangan video pertandingan sambil mengevaluasi performa pemain.

"Memang untuk leg pertama saya sempat bicara di konferensi pers untuk menghargai keputusan wasit," ujar juru taktik asal Korea Selatan dalam konferensi pers virtual usai laga.

Pertandingan Indonesia vs Singapura

Photo :
  • pssi.org

"Tapi, waktu itu saya belum menonton lagi seperti apa (pelanggarannya). Setelah kembali ke hotel lalu menonton video, ternyata memang benar keputusannya harus penalti," lanjutnya.

Lebih lanjut, pelatih 52 tahun itu kemudian membandingkan keputusan wasit dalam duel di leg kedua. Dia tak membantah jika Indonesia mendapat keuntungan dari wasit di laga ini.

"Mungkin untuk hari ini ada untungnya bagi kami. Karena wasit hari ini melihatnya dengan benar sampai memberi kartu kuning dan merah kepada lawan," tutur Shin.

Indonesia mengakhiri duel panas ini dengan kemenangan 5-3 secara agregat lantaran di leg pertama bermain imbang 1-1. Tim Merah Putih menanti pemenang antara Timnas Thailand kontra Timnas Vietnam yang akan jadi lawan di laga pamungkas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya