PSSI Tak Bebankan Target ke Timnas Wanita Indonesia di Piala Asia 2022

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan
Sumber :
  • VIVA/Pratama Yudha

VIVA – PSSI secara resmi melepas keberangkatan Timnas Wanita Indonesia ke Piala Asia Wanita 2022, Minggu 16 Januari 2022. Induk sepakbola Tanah Air itu tak membebankan target apa pun kepada tim asuhan Rudy Eka Priyambada.

Satoru Mochizuki Ungkap Kriteria untuk Pemain Timnas Indonesia Wanita U-17

Seremoni ini dipimpin langsung oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, di salah satu hotel di Jakarta. Iriawan dengan bangga melepas Garuda Pertiwi untuk berjuang meraih prestasi di pentas Asia.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu mengaku sangat emosional dalam prosesi pelepasan ini. Sebab, ini kali pertama Timnas Wanita kembali berlaga di turnamen level Asia setelah absen selama 33 tahun.

Daftar Pemain yang Ikut Seleksi Tim U-17 Wanita Indonesia

"Hari ini saya berangkatkan Timnas Wanita ke Piala Asia Wanita 2022 di India. Saya memberikan dorongan dan semangat serta support ke mereka. Harapan dari saya selaku Ketua federasi ingin mereka tampilkan yang terbaik di ajang itu," kata pria 59 tahun dalam acara pelepasan Timnas Wanita Indonesia.

PSSI melepas Timnas Wanita Indonesia yang akan berlaga di Piala Asia Wanita 2022

Photo :
  • VIVA/Pratama Yudha
Markas Bali United Jadi Opsi Pemusatan Latihan Tim Wanita Indonesia U-17

"Ya sedih ya (melepas Timnas Wanita). Saya terharu sudah 33 tahun tak lolos dan Alhamdulillah mereka bisa tanding di sana. Saya inginkan juga mereka berikan yang terbaik di sana. Doa saya kepada mereka itu yang terbaik," lanjutnya.

Momen haru makin terasa ketika para pemain dan ofisial yang terlibat menjalani prosesi mencium Bendera Merah Putih. "Saya lihat bendera yang saya pegang bendera Republik Indonesia yang saya cintai. Itu membuat saya makin terharu," tutur Iwan.

Menyadari ini merupakan comeback Garuda Pertiwi di pentas Asia, mantan Kapolda Metro Jaya itu enggan membebankan target tinggi pada Zahra Muzdalifah cs. Dia hanya berharap para pemain memberikan yang terbaik di lapangan.

"Harapan saya ke mereka, bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Ikuti aturan di sana. Bertekad memberikan yang terbaik di negara orang sehingga bisa membanggakan Indonesia," ucap Iwan.

Timnas Wanita Indonesia merayakan keberhasilan lolos ke Piala Asia Wanita 2022.

Photo :
  • www.instagram.com/afcasiancup/

Senada dengan Ketum PSSI, pelatih Rudy Eka Priyambada juga enggan memberikan target kepada anak-anak asuhnya. Dia hanya ingin tim asuhannya tampil totalitas tanpa memusingkan hasil yang diterima nanti.

"Mohon doa dan dukungan bagi Garuda Pertiwi. Kami akan bermain di Piala Asia setelah 30 tahun tidak bermain. Kami akan berusaha yang terbaik," terang Rudy Eka.

Piala Asia Wanita 2022 akan dihelat pada 20 Januari hingga 6 Februari 2022. Terdapat 12 tim yang akan bertanding berebut gelar juara.

Indonesia tergabung di Grup B bersama Australia, Filipina, dan Thailand.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya