Klarifikasi Carlos Fortes Setelah Dianggap Langgar Kontrak oleh Arema

Pemain Arema FC rayakan gol Carlos Fortes.
Sumber :
  • ligaindonesiabaru.com

VIVA – Carlos Fortes memberikan pembelaan dan klarifikasinya terkait kepindahannya ke PSIS Semarang. Dia meyakini tak melanggar ketentuan dan mematuhi aturan FIFA.

Soal Anggapan Raja Penalti Liga 1, Begini Pembelaan Arema FC

Fortes baru saja diumumkan sebagai rekrutan baru PSIS Semarang bersama dengan Taisei Marukawa, Jumat 1 April 2022. Namun, kepindahannya ke Laskar Mahesa Jenar ternyata memunculkan kontroversi.

Pasalnya, pihak Arema merasa tak terima dengan hijrahnya sang pemain. Mereka merasa bomber asal Portugal itu melanggar kontrak yang telah disepakati.

Klasemen Liga 1: Klub Raffi Ahmad Kecebur Zona Degradasi

"Tentu sangat disayangkan atas apa yang dilakukan oleh Carlos Fortes. Ikatan kerja sama kontrak antara Carlos Fortes dan Arema FC berakhir pada 30 April 2022 mendatang," ungkap media officer Arema FC, Sudarmaji.

Penyerang asing Arema FC, Carlos Fortes

Photo :
  • VIVA/Lucky Aditya
Arema FC Semakin Jauh Dari Zona Degradasi

Diketahui, kontrak Fortes diklaim Arema baru berakhir pada 30 April 2022. Namun, satu bulan sebelum durasi kontraknya usai, dia sudah diperkenalkan sebagai pemain PSIS.

Menyikapi situasi saat ini dan agar masalah tak semakin melebar, Fortes pun memberikan klarifikasi melalui Instastory di akun Instagram pribadinya.

Fortes menyatakan tak pernah ada tawaran perpanjangan kontrak dari manajemen Arema ketika kontraknya hampir berakhir.

"Klarifikasi, 1. Arema tidak pernah mengubungi saya secara langsung untuk memperbaharui kontrak saya," tulis Carlos Fortes.

Pemain Arema FC rayakan gol Carlos Fortes.

Photo :
  • instagram.com/aremafcofficial

Kedua, bomber 27 tahun itu juga merasa telah melakukan hal yang benar dan tak menyalahi koridor yang ditetapkan FIFA soal kontrak pemain.

"Dalam tiga bulan terakhir kontrak, saya dapat bernegosiasi dan menandatangani dengan klub lain (hukum FIFA)," lanjutnya.

Selanjutnya, Fortes juga mengaku pihak Arema telah diberitahu perihal proposal dari PSIS. Namun, tak memberi tanggapan.

"Semua direktur, presiden, dan pemilik klub diberitahu bahwa saya memiliki proposal dari PSIS dan mereka tidak menghubungi saya," tulis Fortes.

"Saya menghormati klub sampai akhir, saya profesional, saya berjuang untuk klub, saya tidak mengakui bahwa mereka datang sekarang untuk mengatakan bahwa Fortes memiliki sikap buruk karena itu tidak benar!" lanjutnya.

"Tapi sekali lagi saya menghargai semua yang telah AREMA lakukan untuk saya dan Aremania atas semua dukungannya selama musim ini. SALAM SATU JIWA."

Sebagai informasi, apa yang dilakukan Carlos Fortes sudah sesuai dalam FIFA Regulations on The Status and Transfer of Players Article IV Chapter 18: Special Provisions Relating to Contracts Between Professionals And Clubs di poin ketiga.

Bunyi dari pasal tersebut adalah:

Klub yang berniat untuk membuat kontrak dengan seorang pemain profesional harus memberi tahu klub pemain saat ini secara tertulis sebelum melakukan negosiasi dengannya. Seorang pemain profesional hanya akan bebas untuk membuat kontrak dengan klub lain jika kontraknya dengan klubnya saat ini telah berakhir atau akan berakhir dalam waktu enam bulan. Setiap pelanggaran terhadap ketentuan ini akan dikenakan sanksi yang sesuai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya