Timnas Indonesia U-16 Fokus Latihan Transisi

Latihan Timnas Indonesia U-16
Sumber :
  • pssi.org

VIVA – Tim Nasional Indonesia U-16 atau Timnas U-16 sudah seminggu melakukan pemusatan latihan di bulan April 2022, usai latihan fitness di gym hotel tempat mereka menginap, para pemain bergeser ke Stadion Madya, Senayan untuk berlatih seperti biasa, Kamis 21 April 2022.

Putra Darius Sinathrya dan Donna Agnesia Ikut Seleksi Timnas Indonesia U-16: Kehormatan Besar

Menu-menu latihan seperti rondo, small sided game, dll, diberikan oleh pelatih kepala tim Bima Sakti dan staf pelatihnya. Namun ada satu latihan yang menjadi fokusnya dan itu dilakukan setiap hari selama TC berlangsung.

“Kami lebih banyak small sided game, tentang bagaimana transisi bermain, selalu kita ulang-ulang karena tim pelatih menginginkan bisa memberikan hasil positif untuk pemain. Saat mereka kehilangan bola, harus cepat bisa merebut kembali bolanya. Karena itu menjadi kebiasaan kita di setiap sesi latihan mereka. Saat bertahan, harus bisa transisi negatif dan positif,” ujar Bima dikutip dari pssi.org, Jumat 22 April 2022.

Seleksi Indonesia U-16, Pemain Langsung Tes Fisik

Bima mengungkapkan, kalau perkembangan timnya sangat bagus dan progress positif. “Kami juga memberikan latihan fisik di gym, supaya otot mereka semakin kuat, saat adu badan dengan pemain lain kuat, dan lebih siap,” tuturnya.

Tim ini sebelumnya sudah menjalani dua kali internal game. Pertama di hari Minggu (17/4) dan kedua saat HUT PSSI yang ke-92 pada 19 April lalu. Dari dua uji coba itu, ada enam pemain yang dipulangkan.

Seleksi Indonesia U-20 dan U-16 di Medan Diikuti 1.200 Peserta

“Kita sudah melakukan dua internal game. Kami memulangkan enam pemain, ini juga untuk memudahkan tim pelatih menjalankan program latihan, jadi kemarin kita panggil 40 pemain memang banyak, itu memang tujuan dari tim pelatih, dan setelah berbicara dengan PSSI, bahwa kita memberikan kesempatan buat hasil seleksi kita di turnamen Piala Soeratin dan ada tiga pemain dari EPA yang sudah kita panggil sebelumnya,” jelas Bima.

“Sekarang sudah ada 34 pemain, kita lebih mudah dalam organisasi dalam sesi latihan. Kalau menurut saya yang efektif itu 30 pemain dalam satu kali TC, karena kita juga mengantisipasi juga pemain kalau ada yang cedera,” sambungnya.

Terakhir, tim ini berencana untuk mengadakan uji coba. “Rencananya, kami akan melakukan uji coba dengan tim luar, di hari Sabtu (23/4), hari Minggu kita masih ada latihan, dan Senin pemain dipulangkan untuk libur TC, kami rencananya akan mulai lagi TC di bulan Mei,” tutupnya.

Pemusatan latihan tim U-16 ini adalah sebagai persiapan untuk menghadapi Piala AFF U-16 dan Kualifikasi Piala AFC U-17 tahun ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya