Klarifikasi PSSI Soal Iwan Bule Paling Berjasa dalam Kemenangan Timnas

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan
Sumber :
  • ANTARA/Arindra Meodia

VIVA – Sekretaris jendral (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi meluruskan soal klaim yang menyebut Ketum PSSI, Mochamad Iriawa sebagai tokoh utama kemenangan Timnas Indonesia atas Kuwait.

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

PSSI sempat membuat heboh jagad sosial selepas Timnas Indonesia menang 2-1 atas Kuwait pada laga Pra Piala Asia 2023, Rabu 8 Juni 2022.

Dalam tulisan di laman resmi mereka, PSSI menyebut hasil itu tak terlepas dari peranan Mochamad Iriawan alias Iwan Bule.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

"Siapa tokoh utama di balik kemenangan hebat Indonesia (2-1) atas Kuwait? Jawabannya jelas: Iwan Bule!. Sejak memimpin PSSI pada 2 November 2019, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule, menorehkan prestasi cemerlang," tulis PSSI dalam sebuah artikel berjudul 'Pecahnya Rekor 42 Tahun' di situs resminya. 

"Di masa kepemimpinannya selama dua tahun tujuh bulan, Indonesia sudah dua kali mencapai final level tertinggi Asia Tenggara. Yakni final SEA-Games 2019 dan final Piala AFF 2021. Lalu semifinal SEA-Games 2022," lanjut tulisan itu. 

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Dala tulisan itu, dipaparkan juga terobosan-terobosan iriawan di masa kepemimpinannya. Yakni mengantisipasi masalah suap, pengaturan skor dan kejahatan lain dalam sepakbola dengan bekerja sama dengan Mabes Polri.

Selain itu, PSSI era Iriawan juga disebut memecahkan masalah Training Centre yang selama ini menjadi kendala. Semua itu dilakukan demi kemajuan sepakbola Indonesia.

 "Untuk mengantisipasi persoalan klise: tempat Training Center, lapangan latihan, Camp Latihan, dsb, terkait kepentingan timnas, pada 18 Agustus 2021 Iwan Bule membuat MoU dengan 7 Perguruan Tinggi di Indonesia," tulis PSSI. 

"Karena bicara soal sepakbola nasional, artinya kita sedang berbicara mengenai denyut nadi rakyat Indonesia. Dan Iwan Bule sangat memahami hal itu," tulis petikan kalimat terakhir dalam ulasan PSSI.

Terkait hal itu, Yunus Nusi, mengatakan tulisan itu merupakan opini dari pihak luar. Ada seorang wartawan senior selaku empunya tulisan tersebut, lalu dipublikasikan ulang oleh situs PSSI.

Ia sekaligus membantah bahwa tulisan itu mencerminkan sikap resmi PSSI maupun Iwan Bule, dalam memandang kemenangan Timnas Indonesia atas Kuwait.

"PSSI dan Ketua Umum tidak pernah mengklaim seperti itu..Ini tulisan dari wartawan senior sepakbola yang oleh staf media saya dimasukan ke website PSSI," kata Yunus Nusi dalam pesan singkatnya.

Yunus Nusi menambahkan, bahwa Iriawan menganggap kemenangan Timnas indonesia atas Kuwait adalah hasil dari kerja keras tim.

"Ketum PSSI memandang bahwa kemenangan ini pasti dari hasil kerja keras dan semangat anak-anak Timnas yang membela garuda," jelasnya.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya