Lawan Vietnam, Timnas U-16 Siapkan 'Senjata' Khusus

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti Tukiman
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti Tukiman
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

VIVA Bola – Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi Vietnam di laga pamungkas Grup A Piala AFF 2022. Pertandingan Timnas Indonesia U-16 vs Vietnam ini akan digelar di Stadion Maguwoharjo Sleman Sabtu 6 Agustus 2022.


Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti Tukiman menilai Vietnam memiliki pertahanan yang kuat. Selain itu Vietnam juga memunyai pemain-pemain berkualitas.

Bima Sakti membeberkan Vietnam menerapkan lima pemain bertahan saat dalam kondisi diserang tim lawan. Sementara saat menyerang, formasi Vietnam bertransformasi menjadi tiga bek.

Untuk membongkar pertahanan Vietnam ini, Bima Sakti menyiapkan sesi khusus latihan tembakan jarak jauh pada para pemain Timnas U-16 ketika berlatih di Lapangan UNY, Jumat 5 Agustus 2022.

Bima Sakti juga akan memberikan keleluasaan pada anak asuhnya untuk melakukan tembakan jarak jauh ke arah gawang Vietnam.

"Kalau agak buntu, kami akan melakukan tendangan-tendangan jarak jauh. Itu sebagai antisipasi jika umpan-umpan pendek kami tidak berjalan," tutur Bima Sakti, Jumat 5 Agustus 2022.



Sebagai catatan, dari 11 gol yang dicetak pemain Indonesia U-16 dari pertandingan melawan Filipina dan Singapura, ada dua gol yang dihasilkan dari tendangan jarak jauh.

Dua gol tendangan jarak jauh ini tercipta saat Indonesia membungkam Singapura 9-0. Dua gol ini dicetak oleh Mokhamad Rido Al Ikhsan dan Muhammad Riski Afrisal.