Shin Tae-yong Tolak Gagasan Timnas Australia Main di Piala AFF

Australia vs Uzbekistan di Piala Asia 2023
Sumber :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

Jakarta – Mengemuka gagasan agar Timnas Australia turut serta dalam Piala AFF. Akan tetapi, Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia tidak menyetujuinya.

Momen Shin Tae-yong Hibur Korea Selatan U-23 Usai Kalah Penalti

Menurut Shin Tae-yong, gagasan tersebut bukanlah ide bagus. Dia memiliki alasan, yakni kualitas Timnas Australia berada di atas tim-tim Konfederasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) lainnya.

Australia sejajar dengan Korea Selatan, Jepang, Iran, dan Arab Saudi. Itu menempatkan mereka pada jajaran teratas tim nasional di benua Asia.

Anak Shin Tae-yong: Meskipun Warga Korsel, Saya Dukung Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Photo :
  • PSSI

"Saya pikir bukan ide yang bagus jika Australia berkompetisi di Piala AFF. Australia lebih baik dari tim ASEAN. Mereka sejajar dengan Korea Selatan, Jepang, Iran, Arab Saudi, tim teratas di Asia," kata Shin Tae-yong saat dalam konferensi pers jelang Australia vs Indonesia, Sabtu 27 Januari 2024.

Ini Alasan Nathan Tjoe-A-On tak Ambil Penalti saat Timnas Indonesia Tekuk Korea Selatan

Gagasan Australia ikut Piala AFF muncul karena anggapan tim ASEAN sudah bisa bersaing di Piala Asia, seperti Indonesia dan Thailand yang lolos ke babak 16 besar.

Akan tetapi itu bukanlah patokan yang tepat menurut Shin Tae-yong. Tim-tim di ASEAN dia nilai masih dalam tahap pengembangan, seperti yang dilakukan Indonesia.

Australia vs Uzbekistan di Piala Asia 2023

Photo :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

"Tim di AFF sedang dalam upaya mengembangkan sepakbola, seperti yang sedang Indonesia lakukan sekarang," tutur juru taktik asal Korea Selatan itu.

Australia bergabung ke Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) pada 2006. Sebelumnya dia merupakan bagian dari Konfederasi Sepakbola Oceania (OFC). Kemudian pada 2013 mereka gabung ke AFF.

Di level senior, Australia memang tidak ikut Piala AFF. Namun untuk kategori usia mereka tergabung. Australia U-19 juara Piala AFF sebanyak lima kali, sementara U-16 dapat dua gelar juara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya